SUARA USU
Buku Entertaiment

Gelombang Lautan Jiwa: Sebuah Psikomemoar dari Anta Samsara

Oleh : Nurul Rizky Amalia

Suara USU, Medan. Apa yang akan Anda lakukan jika suara-suara orang di sekitar Anda berubah menjadi suara-suara yang meneror Anda dengan kata-katanya yang merendahkan diri Anda setiap waktu? Ke mana Anda akan pergi di dunia yang penuh manusia ini jika satu-satunya yang ingin Anda hindari dan Anda harapkan pertolongannya adalah manusia itu sendiri?

Gelombang Lautan Jiwa sebuah buku yang rilis pada 2010 ini menceritakan tentang kisah seorang Anta Samsara yang menderita Skizofrenia. Skizofrenia merupakan gangguan yang mempengaruhi kemampuan seseorang untuk berpikir, merasakan dan berperilaku dengan baik dalam kehidupan sehari-hari.

Kehidupan Anta yang menderita Skizofrenia sejak kecil dan sikap ayah serta ibunya yang melarang Anta untuk ke luar rumah dan bermain bersama teman-temannya, membuat Anta menjadi terbiasa mengurung diri di rumah.

Dengan kekuatan imajinasinya, Anta mengubah segala bentuk benda menjadi permainannya. Sejak saat itulah, Anta menjadi lupa dengan kehidupan sosialnya. Anta pun merasa dunia memiliki arti yang lain, tidak seperti makna negatif sebelumnya.

Dengan buku ini, Anta mengajak kita untuk menemani menjalani peristiwa hidupnya, memahami dunia Skizofrenia yang asing, sepi dan menakutkan. Secara bertahap dengan penerimaan Anta dengan kenyataan hidup yang sedang di jalaninya, ia menyadari ada makna positif yang luar biasa dapat dipetik dari semua yang telah dijalankan.

Anta juga memperlihatkan perlawanan terhadap perlakuan yang tidak adil, diskriminasi yang dilakukan oleh banyak orang terhadap penderita Skizofrenia.

Anta  mempunyai kekuatan yang tak dapat ditaklukkan oleh derita jiwa dan stigma, kekuatan dalam batinnya yang membuat dirinya bangkit dan kemudian meraih suatu psikologi positif dalam kehidupan.

“Derita tak selalu berujung pada sengsara, tapi bisa mengarah pada kemenangan jiwa.” 

Gelombang Lautan Jiwa karya Anta Samsara ini  sangat layak menjadi bahan refleksi kita semua untuk semakin memahami dunia orang-orang yang menderita gangguan jiwa lebih tepatnya Skizofrenia.

Redaktur: Muhammad Fadhlan Amri


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

Potret Penjajahan di Jawa dalam Novel Fiksi Sejarah “Tanah Bangsawan”

redaksi

Komersialisasi Pendidikan: Liberalisasi di Ranah Pendidikan?

redaksi

Buku Jika Kita Tak Pernah Jadi Apa-Apa, untuk Kamu yang sedang Khawatir akan Masa Depan

redaksi