SUARA USU
Kabar Kampus

Launching PKM Center, Komitmen USU Tingkatkan Prestasi Mahasiswa

Oleh : Anna Fauziah Pane, Malpi

Suara USU, Medan. Setelah proses panjang, akhirnya PKM Center resmi dibuka pada Rabu (2/02). Acara peresmian ini diadakan di halaman belakang Biro Rektor Universitas Sumatera Utara, dibuka oleh MC kemudian dilanjut dengan penayangan kaleidoskop PKM dan PIMNAS 2021.

Kemudian acara dilanjutkan dengan kata sambutan yang disampaikan oleh Wakil Rektor I , Dr. Edy Ikhsan SH. MA dan Rektor Universitas Sumatera Utara Dr. Muryanto Amin, S.Sos., M.Si.

Pusat PKM ini dibentuk sebagai komitmen USU sendiri untuk meningkatkan prestasi para mahasiswa serta untuk memperbaiki peringkat Universitas, khususnya USU yang hanya mendapatkan 1 perunggu dan 2 hadiah hiburan dalam perhelatan Pimnas tahun lalu. Pusat PKM ini diketuai oleh Dosen Fakultas Teknik, Erni Misran ST., MT., Ph.D.

Edy Ikhsan menambahkan bahwa PKM Center ini merupakan suatu ikhtiar yang dilakukan USU untuk membangun atmosfer kreativitas mahasiswa USU. Selain untuk menciptakan atmosfer yang berkelanjutan untuk mengembangkan kreativitas mahasiswa USU, PKM Center juga bertujuan untuk mencapai prestasi dengan lebih terorganisir.

“Kita harus punya komitmen yang tinggi, daya tahan yang kuat dan konsistensi serta kecepatan untuk dapat menciptakan ekosistem dan bersaing dengan PTN BH lain,” ungkap Muryanto Amin.

Rektor USU, Muryanto Amin berharap dengan penataan yang dilakukan USU saat ini bisa menambah prestasi di tahun depan. Karena prestasi mahasiswa adalah salah satu indikator yang paling penting dalam perangkingan Universitas.

Dengan adanya PKM Center yang terstruktur, Rektor optimis prestasi mahasiswa USU akan meningkat di masa yang akan datang. Dengan target proposal tiga kali lipat lebih banyak di banding tahun sebelumnya. Adapun struktur yang dimaksud adalah PKM Center sebagai pusatnya, kemudian ada PKM Corner di Fakultas, Prodi, hingga terkecil di ruang kelas. Harapan juga tak lain untuk memenuhi aspek penilain yang USU sendiri masih sulit untuk memenuhinya dalam penilaian yang dilakukan oleh lembaga independen, seperti IKU, QS, Webometric dan Uni rank.

Kemudian pada acara ini juga diadakan penyematan duta PKM Center USU pada Cindy Elisa Tanjung dari FMIPA 2019.

“Untuk proses pemilihannya, awalnya ditujukan kepada yang sudah lolos ke PIMNAS. Kemudian dari BKK sendiri syaratnya yang sudah menang. Dan di sini Alhamdulillah saya mendapat perunggu pada PIMNAS 2021. Kita dikumpulin dulu kemudian ada di tes oleh mereka, dan Alhamdulillah saya terpilih,” ungkap Cindy.

Redaktur: Yessica Irene


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

Ini Tanggapan Dosen USU Terkait Efektivitas Perkuliahan Daring

redaksi

Konsep Pembelajaran Baru MKWK Berbasis Proyek, Ini Keluhan Mahasiswa!

redaksi

Mahasiswa EP Adakan Bakti Sosial Bertema Sharing, Loving, and Caring (SAVING)

redaksi