SUARA USU
Kabar Kampus

GENBI LIVE : Rise Up to be a Great Youth in This Era

Penulis: Adiesti Rochma Yulian

Suara USU, Medan. Banyak pertanyaan mengenai kegelisahan pengenalan peran diri dan tugas para pemuda di masa transisi dari pandemi ke pasca pandemi dan “Power of Change” untuk lingkungan sekitar. Untuk menjawab pertanyaan tersebut dan sembari memperingati hari sumpah pemudah (30/10) GenBI (Generasi Baru Indonesia) komisariat USU menyelengarakan live Instagram, yang bertajuk “GenBI Live Bareng Tokoh” dengan tema “Rise up to be a great youth in this era”.

Dalam kesempatan kali ini GenBi berkolaborasi dengan Daffa Syahdana yang merupakan Mahasiswa Berprestasi Utama I Universitas Sumatera Utara  tahun 2021. Dalam livenya bersama GenBi, Daffa banyak membagikan kesibukannya sebagai salah satu mahasiswa berprestasi USU selama masa pandemi. Daffa mengatakan langkah awal yang harus dilakukan seorang mahasisiwa ketika ingin mengikuti lomba, adalah mencari teman atau rekan yang memiliki visi misi yang sama agar dapat berkolaborasi dan saling melengkapi, kemudian kunci kedua adalah niat yang jelas Daffa sendiri membagikan niat  utamanya dalam mengikuti lomba yaitu “Niatnya kalo aku ikut lomba itu harus jadi juara,” tutur Daffa.

Dalam menjawab pertanyaan “apa yang dapat kita lakukan sebagai pemuda dalam menghadapi bonus demografi 2030”, Daffa menuturkan bahwa sebagai pemuda kita  harus meningkatkan kapabilitas dalam diri kita dengan kata lain harus memiliki kemampuan dan pengetahuan yang dapat bersaing dengan masyarakat luas. Saran Daffa untuk para mahasiswa yang memiliki banyak kegiatan adalah pandai-pandailah mengatur waktu dan menempatkan skala prioritas kegitatan, agar tidak menyulitkan diri sendiri dan berdampak buruk pada semua aspek kegiatan.

Di akhir livenya bersama GenBi Daffa mengatakan apa yang kita lewati, apa yang kita dapatkan, apa yang kita punya wajib kita syukuri. Jangan pernah membandingkan diri kita dengan orang lain, karena notabenenya pemuda itu adalah orang yang membawa perubahan bukan orang yang membawa perbandingan dengan orang lainnya. Selain membawa perubahan kita sebagai pemuda juga harus siap membawa pembangunan. Sebagai penutup katanya Daffa menuturkan bahwa tanpa peran orang tua kita, kita tidak akan menjadi manusia seperti sekarang, maka dari itu sebisa mungkin jangan membuat orang tua kita kecewa ataupun sedih dan tetap lakukan yang terbaik untuk mereka.

Redaktur: Yessica Irene


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

Mengusung Konsep Go Green, PKKMB FISIP USU Sukses Digelar

redaksi

Antusias Para Mahasiswa Dari Berbagai Universitas di Indonesia Dalam Mengikuti Kegiatan Accounting Intelligence Fair

redaksi

Ini Dia Wajah Baru Mapres Sarjana Utama USU 2023

redaksi