Pembaruan Langsung Kasus COVID-19
SUARA USU
Kabar Kampus

Hari Ini Kabinet Reka Cipta PEMA USU Periode 2021-2022 Resmi Dilantik

Oleh: Wirayudha Azhari Lubis dan Monika Manalu

Suara USU, MEDAN. Pasca pengumuman rekrutmen terbuka yang dilakukan oleh Pemerintahan Mahasiswa Univesitas Sumatera Utara (PEMA USU) pada 26 April lalu, Pada Rabu (5/5) Pema USU melalui akun Instagram resminya @Official.pemausu mengumumkan struktur kabinet terbarunya.

Pengumuman itu juga kemudian diikuti dengan pemberitahuan akan dilaksanakannya pelantikan kabinet PEMA USU pada hari ini, Kamis (6/5). Pelantikan kabinet PEMA USU Periode 2021-2022 yang diberi nama Kabinet Reka Cipta dilaksanakan dengan mode hybird.

Dengan mode pelantikan seperti ini yang mana sebagian undangan dapat berhadir secara offline di Pendopo Pancasila USU, dan sebagian lainnya berhadir pada zoom meeting, diharapkan dapat menekan angka penularan Covid-19 dengan cara menaati protokol kesehatan yaitu physical distancing.

Pada pelantikan yang dilaksanakan kali ini, dihadiri oleh ±300 Peserta. Dalam sesi pelantikan yang dilaksanakan via aplikasi zoom meeting juga dihadiri oleh beberapa tamu undangan, Seperti Rektor USU Dr. Muryanto Amin S.Sos, M.Si., Anggota DPRD Sumatera Utara Fraksi Golkar Akbar Himawan Bukhori SH., dan beberapa tamu undangan lainnya.

Dalam pelantikan kali ini juga diangkat tema “Peran Mahasiswa dalam Membumikan Pancasila: Turn Back Radicalism”. Pada kesempatan memberikan kata sambutan Presiden Mahasiswa Terlantik Periode 2021-2022 M.Rizki Fadhillah juga mengharapkan kepada Kabinet Reka Cipta untuk menjunjung tinggi nilai kebersamaan dan ketegasan dalam melaksankan tugasnya.

Ia juga berpesan agar bersungguh-sungguh dalam menjalankan tugas dan mengemban amanahnya. Rizki juga berjanji akan mengadakan evaluasi setiap 3 bulan sekali dan memperhatikan indikator-indikator yang harus dipenuhi oleh setiap Menteri, Badan Pengurus Harian, Kantor Staff Presiden dan seluruh kabinet Reka Cipta.

Hal yang sama juga diharapkan oleh Perwakilan dari Majelis Permusyawaratan Mahasiswa USU (MPMU) Kelvin Sitorus. Ia mengharapan PEMA untuk merancang program-program kerja yang sesuai dengan Visi-Misi universitas dan agar dapat melaksanakan Tridarma secara bersama-sama dengan menjunjung tinggi nilai integritas.

Dalam kesempatan memberikan kata sambutan oleh Rektor Universitas Sumatera Utara, Dr. Muryanto Amin yang memberikan selamat kepada PEMA USU atas terlaksananya pelantikan Kabinet Reka Cipta untuk periode 2021-2022. Ia berharap agar PEMA mengedepankan rasionalitas dalam menjaga keutuhan dan kebersamaan sesama insan akademik.

“Kompetisi hanya bisa dimenangkan satu pihak, Oleh karena itu kompetisi menjadi arena bagi para kandidat  untuk beradu kualitas demi memikat para pendukungnya. Namun, untuk mencapai kesuksesan suatu organisasi dibutuhkan juga kolaborasi dengan berbagai pihak termasuk oposisi,” ungkapnya.

Pria yang akrab disapa Pak Mury ini juga menekankan bahwa sejatinya mahasiswa adalah agen perubahan, perubahan ke arah yang lebih baik.

Dalam pelantikan kali ini juga diadakan penampilan seni tari oleh Ikatan Mahasiswa Papua, hal ini disesuaikan dengan tema “Turn Back Radikalis”. Melalui teatrikal tari oleh IMP ini juga merepresantasikan bahwa Kabinet Reka Cipta merupakan Kabinet yang menjunjung tinggi nilai toleransi dan saling menghargai perbedaan.

Di akhir acara juga, sempat dilaksanakan penandatangan pakta integritas menolak radikalis yang ditandatangani oleh Kelompok Organisasi Mahasiswa Cipayung. Setelah menandatangani pakta integritas, dilaksanakan juga talkshow mengenai pancasila dengan narasumber Kelompok Organisasi Mahasiswa Cipayung.

Tentunya, pelantikan kali ini akan sangat berdampak terhadap kehidupan politik kampus USU kedepan. Setelah dinamika yang cukup panjang, Kabinet Reka Cipta ini tercipta dan diharapkan dapat membawa perubahan di Universitas Sumatera Utara menuju arah yang lebih baik kedepannya. Selamat bertugas dan selamat mengabdi. Hidup Mahasiswa!

Redaktur: Muhammad Fadhlan Amri

Related posts

Podcast “Malam Ini”, Belajar Filosofi Kehidupan dari Mahasiswa USU

redaksi

Ketua Baru HIPMI PT USU: Kalo Bukan Kita yang Kreatif Siapa Lagi?

redaksi

 Harapan Pemulihan Ekonomi Indonesia Pasca Pandemi

redaksi