Pembaruan Langsung Kasus COVID-19
SUARA USU
Kabar Kampus

HMM FEB USU Adakan Invest Class Untuk Investor Pemula

Oleh : Mei Rosalina Turnip

Suara USU, MEDAN. Himpunan Mahasiswa Manajemen (HMM) USU telah mengadakan seminar cara baru investasi di era sekarang ini (29/5). Seminar yang diadakan melalui zoom meeting ini, dihadiri lebih dari 250 peserta.

Pada seminar kali ini, HMM mendatangkan speakers handal seperti Chisty Maryani selaku Financial Expert PT. Ajaib Sekuritas Asia dan Reza Pahlevi selaku seorang Influencer.

Pada kesempatan pertama, Chisty menjelaskan tentang basic investing. Beberapa hal yang dipaparkan diantaranya : perbedaan antara menabung dan berinvestasi, penyebab orang takut berinvestasi, do’s and dont’s saat memulai investasi, instrumen investasi, dll. Chisty Maryani juga memberikan tips memilih saham, diantaranya : carilah saham blue chip, menggunakan index acuan, dan mengenali dan mempelajari rasio fundamental sederhana (PBV, DER, ROE, PER).

Pada pemateri kedua diadakan talkshow seputar investasi oleh Reza Pahlevi yang menyatakan bahwa dalam dunia saham kita harus benar-benar belajar dan tidak hanya mengikuti trend. “Ketika sudah benar-benar belajar tentang saham yang akan kita beli, sudah melakukan riset perusahaan tersebut beberapa bulan sebelumnya, maka kemungkinan besar usaha kalian tidak akan gagal,” pungkas Reza.

Pada kesempatan ini juga Reza memberikan saran-saran bagi pemula, diantaranya: jangan sekedar ikut-ikutan orang untuk investasi agar kelihatan keren, perhatikan keuangan perusahaan dan resikonya, don’t put your money in one basket, tetap memperhatikan investasi yang kalian lakukan.

Bekerja sama langsung dengan PT. Ajaib Sekuritas Asia, oleh Akhmad Fadhil berharap peserta dapat belajar mengenai investasi dengan baik. “Seminar ini diadakan agar peserta dapat mengetahui cara investasi di era milenial serta menumbuhkan rasa ingin berinvestasi melalui speakers handal,” ucap ketua panitia seminar tersebut.

Acara ini terbilang meriah. Hal tersebut dibuktikan oleh partisipan yang sangat antusias terhadap pemaparan, para peserta juga aktif menanggapi dan bertanya terhadap pemateri. “Invest classnya bagus apalagi untuk diikuti oleh investor pemula karena mengajarkan banyak hal dari fundamental sampai dengan teknikal,” ucap Rizky seorang alumni USU. Rizky juga berharap agar kedepannya invest class dapat lebih berkembang dan komprehensif lagi materinya.

Pesan dan kesan lainnya juga disampaikan oleh Supriadi seorang mahasiswa manajemen. “Luar biasa, sih, materi yang disampaikan juga dapat dan bermanfaat banget ya untuk kita yang mau memulai investasi gitu,” Supriadi juga berharapan agar nantinya akan ada seminar investasi lagi.

Redaktur : Wiranto Asruri Siregar

Related posts

Asah Kepemimpinan, Ilmu Komunikasi USU Gelar Leadership Out Loud

suarausu

5 Mahasiswa Antropologi USU Lulus Program Kolaborasi AAI dan SKK-Migas!

redaksi

UTS Daring Bikin Pusing !!

redaksi