SUARA USU
Kabar Kampus

HMM FEB USU Sukses Gelar Workshop Mengenai Persiapan di Dunia Kerja

Reporter: Restiani Lumban Gaol

Suara USU, Medan. Himpunan Mahasiswa Manajemen (HMM) FEB USU telah mengadakan WONDERING (Workshop Education For Your Future Carering) secara daring melalui Zoom Meeting. Acara yang bertajuk “Good Prepare, Good Result” ini diadakan pada Sabtu (23/04), pukul 10.00 WIB.

Kegiatan ini berkolaborasi bersama Apri Rokh yang merupakan profesional muda BUMN sekaligus educational TikToker dan Habibul Hanif sebagai Human Capital Analyst Big 4. Turut hadir, Khaira Amalia selaku Ketua Prodi S1 Manajemen FEB USU dan sekitar 90 peserta dari berbagai universitas, termasuk USU, UGM, UB, UNAIR, USK, UMA, Unimed, dan Polmed.

Selaku salah satu penanggung jawab WONDERING, Adiesti Rochma Yulian mengemukakan alasan pemilihan kedua pemateri tersebut karena konten yang sebelumnya dibawakan para pemateri sesuai dengan kebutuhan mahasiswa.

“Kami melihat kedua influencer ini di TikTok sering membuat konten yang kita butuhkan sebagai mahasiwa, seperti pembuatan CV, interview, dan personal branding lewat Linkedln. Mereka bisa mengedukasi masyarakat  dengan penyampaian yang singkat, padat, jelas, dan mudah dimengerti,” ungkapnya.

Adiesti menambahkan, kegiatan ini diadakan agar mahasiswa dapat lebih mengerti mengenai segala hal persiapan dalam dunia kerja, seperti cara menarik HRD melalui LinkedIn, CV yang sesuai, serta kiat ketika melamar kerja.

“Dunia yang sedang berada di era revolusi industri seperti sekarang menyebabkan persaingan mencari kerja semakin ketat. Nah, adanya WONDERING ini, kami ingin mahasiwa paham bagaimana menarik perhatian pihak perusahaan, terutama HRD ketika mencari kerja lewat personal branding melalui Linkedln, CV yang sesuai dengan kemampuan diri, dan yang paling penting tips dan trik wawancara ketika melamar kerja,” jelasnya.

Pada sesi pertama, Habibul Hanif membahas personal branding dengan aplikasi Linkedln. Habib menjelaskan, urgensi Linkedln bagi mahasiswa dan memberikan pengetahuan tentang pembuatan Linkedln yang baik untuk menarik perhatian HRD. Diakhir pemaparan, Habib juga mempraktikkan cara membuat akun Linkedln yang baik.

Sesi kedua diisi oleh Apri Rokh dengan topik pembuatan CV dan wawancara kerja. Apri mengupas tuntas segala hal yang berkaitan dengan CV, seperti poin-poin yang menarik di mata HRD dan kesalahan yang sering terjadi, serta memberikan tips untuk menghadapi interview. Apri juga mempraktikkan cara membuat CV yang baik dan me-review milik salah satu peserta workshop.

Adiesti berharap kegiatan ini dapat menambah pengetahuan peserta sehingga nantinya mampu mendapat atensi lebih dari perusahaan yang akan dilamar.

“Harapan kami, workshop ini bisa menambah wawasan para partisipan agar tau caranya menarik perhatian HRD, biar pas lamar kerja nanti bisa mendapat perhatian lebih dari HRD dan pihak perusahaan,” tutupnya.

Redaktur: Azka Zere Erlthor


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

Bazar Entrepreneur FKG USU, Berjualan dan Memperkenalkan Usaha ke Masyarakat

redaksi

Untuk Memperkuat Pengetahuan Tentang Peran Pemuda Dalam Melawan Pengaruh Asing, PEMA FISIP Adakan Diskusi Kebangsaan

redaksi

Aliansi Pers Mahasiswa Sumatera Utara Unjuk Koordinator Baru: Transformasi dan Inovasi APM-SU

redaksi