SUARA USU
Kabar Kampus

HMM FMIPA USU Adakan MSC dan Talk Show Bersama Farhan Jijima

Reporter: Khaira Nazira/Nadya Nurhaliza

Suara USU, Medan. HMM FMIPA USU melalui kegiatan MSC (Mathematics Science Competition) sukses menyelenggarakan Talkshow pada Sabtu, (13/05) pukul 14.25 WIB yang berlokasi di Gelanggang Mahasiswa USU. Kegiatan ini menekankan pada olimpiade matematika untuk para siswa SMP dan SMA sederajat. MSC mengundang Farhan Jijima sebagai Guest Star yang sekaligus related dengan bidang di kompetisi ini dan berhasil menarik perhatian peserta serta siswa SMP dan SMA sederajat.

Kegiatan ini merupakan program kerja Himpunan Mahasiswa Matematika dari Divisi Pendidikan dan Penalaran. Serta merupakan program kerja lanjutan yang dirintis kembali, karena pada tahun sebelumnnya kegiatan ini sempat vakum disebabkan dilanda COVID-19 dan kini MSC Kembali hadir mengadakan kegiatan besar pada tahun 2023.
Talkshow dengan tema “How to cultivate a love for mathematics” yang berlangsung penuh euphoria ini mengundang Farhan salah satu Mahasiswa Prodi Teknik Sipil IPB sekaligus Content Creator yang seringkali mengunggah konten soal matematika di laman instagramnya. Farhan yang dikenal banyak orang karena kepandaiannya dalam bidang Matematika itu tidak diragukan lagi. Kegiatan ini dipandu oleh Sri Juliani Manurung selaku moderator dan dihadiri oleh seluruh Siswa/i SMP dan SMA peserta olimpiade yang ada di Sumatera Utara.

Farhan lebih dulu diselempangkan Ulos sebagai bentuk tradisi penyambutan selamat datang yang biasa dilakukan oleh masyarakat suku Batak. Pada Talkshow-nya Farhan menceritakan sejarah awal mula dirinya yang menyukai matematika dari umur belia, memberikan sharing seputar tips dan trik selama menjalani masa perkuliahan, yang paling menariknya lagi tatkala Farhan yang mengakui dirinya menggunakan system Time Blocking untuk memanagemen waktunya agar menjadi lebih sistemtis dalam melaksanakan rutinas hariannya dengan konsep berupa day one by one.
Farhan juga memberikan solusi untuk mencegah pelajar maupun mahasiswa mempunyai habit atau kebiasaan deadliner, dengan cara mengerjakan tugas berpatokan pada tujuan akhir bukan deadline, dan mempunyai goals akhir.

Rangkaian talkshow selanjutnya ialah mini games matematika yang bagi siapapun mampu menjawab akan diundang ke pangggung dan diberikan reward. Rangkaian selanjutnya yaitu pemberian closing statement langsung oleh Farhan, terakhir dengan sesi dokumentasi dan penyerahan plakat kepada Guest Star. Penyerahan plakat kepada guest star diberikan oleh Dr. Mardiningsih M.Si. selaku ketua Prodi S1 Matematika FMIPA USU dan Muhammad Romi Syahputra S.Si., M.Si. Sekretaris Prodi S1 Matematika FMIPA USU

“Harapan saya untuk panitianya semangat, semoga bisa menjalankan program-program kerja berikutnya lebih baik lagi, untuk Himpunan Mahasiswa Matematika semoga HMM (Himpunan Mahasiswa Matematika) semakin berkembang kemudian progja nya semakin dilancarkan dan semakin banyak kreatifitas dan inovasi yang bisa dikembangkan” tutup Rani Natalia Purba selaku sekretaris panitia MSC 2023.

Redaktur: Taty Kristina


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

PKKMB USU 2023: Ini Pesan Rektor untuk Mahasiswa Baru

redaksi

Mengusung Tema ‘Save Water, Live Better’, Dies Natalis MSP ke-14 Sukses Dilaksanakan

redaksi

Kemeriahan Malam Puncak Duta Mahasiswa 2019 USU

suarausu