SUARA USU
Featured

Hobi Baca Buku? Ini 5 Aplikasi Baca Buku Gratis Favorit!

Oleh: Tamara Ceria Sairo

Suara USU, Medan. Sekarang ini, membawa buku bentuk fisik kemana-mana menjadi PR yang cukup menyulitkan. Pasalnya, buku fisik menghabiskan tempat dan menambah beban bawaan, lain halnya dengan buku digital atau E-book. Dari segi praktis, E-book lebih unggul, karna mudah dibawa kemana saja dan tersimpan diperangkat handphone.

Tersedianya aplikasi baca buku online tentu menjadi keuntungan yang tidak boleh diabaikan oleh para “Bibliophile”, demikian sebutan untuk para pecinta buku.

Nah, buat kamu yang hobi baca tapi terhalang untuk beli buku fisik, berikut 5 rekomendasi aplikasi baca buku gratis terbaik yang bisa kamu nikmati.

1. iPusnas

iPusnas adalah aplikasi perpustakaan digital persembahan Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. Aplikasi ini dapat dioperasikan di beberapa perangkat seperti handphone maupun komputer/laptop. iPusnas menjadi wujud inovasi perpustakaan digital yang diluncurkan secara gratis oleh Perpustakaan Nasional RI yang mana dapat dinikmati semua orang.

iPusnas menyediakan beragam E-book gratis mulai dari buku pelajaran, novel dengan berbagai genre, dan lainnya. Buku yang sudah berhasil kamu unduh dapat kamu baca dan nikmati secara offline tanpa butuh bantuan internet.

Sebelumnya, kamu harus login terlebih dahulu menggunakan akun email pribadimu. Kemudian, kamu sudah bebas berselancar mencari buku yang kamu inginkan.

Namun, buku-buku favorit dengan rating tinggi seringkali memiliki antrian yang panjang, sehingga untuk bisa meminjamnya, kamu harus stay dan menyalakan notifikasi pemberitahuan.

2. Kindle

Kindle merupakan aplikasi keluaran Amazon yang secara eksklusif menghadirkan buku-buku digital secara gratis. Aplikasi ini punya koleksi novel, majalah, hingga koran luar negri yang lengkap. Fitur yang ada di dalamnya juga sangat mendukung kepentingan dan kenyamanan pengguna.

Awalnya kindle hadir dalam bentuk tablet, namun sekarang dapat dinikmati melalui Google Play Store maupun App Store. Aplikasi ini dilengkapi fitur penanda halaman, fitur terakhir dibaca, sorotan, hingga kamus penerjemah. Kalau mau baca buku gratis, tinggal ketik “free kindle books” di kolom pencarian.

3. Gramedia Digital

Selain offline store, Gramedia juga meluncurkan aplikasi Ebooks yang dinamai Gramedia Digital. Aplikasi ini menyediakan lebih dari 100.000 E-books, dengan koleksi lengkap mulai dari novel, komik, koran, majalah, dan koleksi buku lainnya.

Fitur yang disediakan juga lengkap membuat pembaca nyaman saat menggunakannya, diantaranya penanda halaman, zoom, font size, dan sunset mode untuk memudahkan kamu saat membaca.

Namun, tidak semua buku yang ditampilkan bisa diakses secara gratis, kamu harus berlangganan premium untuk dapat membaca seluruh koleksinya. Jika ingin membaca buku secara gratis, caranya dengan pilih menu filter dan pilih harga “gratis”, maka akan muncul daftar buku gratis yang siap kamu baca.

4. Free Books

Sesuai namanya, aplikasi yang satu ini menyediakan berbagai macam E-books yang dapat diakses 100% gratis. Koleksinya pun mencapai 50.000 buku digital dari berbagai koleksi genre, seperti fantasi, sastra, misteri, dongeng, hingga novel.

Salah satu keunggulannya yaitu, tersedia fitur Audio Book yang bisa membacakan cerita lewat suara. Tampilan aplikasinya juga mudah digunakan dan tidak membingungkan dalam mencari judul buku atau penulis. Namun, sayangnya aplikasi satu ini masih hanya tersedia di Google Play Store, belum ada di App Store.

5. Wattpad

Siapa yang tidak kenal aplikasi Wattpad? Aplikasi yang satu ini cukup populer di kalangan remaja dan digemari karna menyimpan berbagai macam novel digital dengan koleksi berbagai macam genre. Selain membaca, kamu juga bisa untuk menulis karya sendiri dan mempublikasikannya.

Platform online yang satu ini menyediakan berbagai macam genre novel yang dapat diakses secara gratis. Tampilannya juga mudah digunakan dan menyediakan fitur-fitur yang membuat pembaca nyaman saat menggunakannya, seperti mode gelap-terang, bisa mengubah tampilan membaca, dan mengubah font dan font size.

Cerita-cerita yang dihasilkan juga berkualitas hingga banyak cerita yang dipublikasikan penerbit menjadi  novel fisik hingga diangkat menjadi film. Yuk, segera download Wattppad yang sudah tersedia di Google Play Store dan juga App Store.

Nah, itu dia deretan aplikasi baca buku online yang menyimpan jajaran E-books gratis favorit yang bisa kamu nikmati di handphone kamu masing-masing. Selain gampang dibawa kemana saja, kamu juga bisa menghemat pengeluaran, lho. Semoga bermanfaat!

Redaktur: Monika Krisna Br Manalu


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

Belum Mendapat Dukungan, Tim @mengajardidesa.id Gencar Kolaborasi

redaksi

Cinta, Penerimaan dan Pertumbuhan Lewat Film My Precious

redaksi

Mengajarkan Antusiasme Anak-anak Panti Asuhan dalam Memberikan Pendapat Sehingga Penerapan Metode Casework dapat Berjalan dengan Lancar

redaksi