SUARA USU
Kabar Kampus

HUT Rumah Kepemimpinan Ke 19, Mampu Mencetak Pemimpin Berintegritas

Reporter: Okto Mario Situmeang dan Salsabila Rania Balqis

Suara USU, Medan. Kamis, 05/08/2021 Rumah Kepemimpinan ulang tahun ke 19. Tak sama seperti yang lain, Rumah Kepemimpinan tidak merayakan hari jadinya ini melalui pertemuan via online. Melainkan mengajak para alumni dan anggota untuk memposting foto mereka menggunakan twibbon hari jadi Rumah Kepemimpinan.

Rumah kepemimpinan adalah institusi milik bangsa yang mengelola dana zakat, infaq, sedekah, dan wakaf dari masyarakat dalam rangka mempersiapkan calon-calon pemimpin masa depan. Rumah Kepemimpinan ini bersifat non profit, terbuka, profesional, dan religius. Rumah Kepemimpinan berada di bawah naungan Yayasan Bina Nurul Fikri. Seluruh kegiatannya akan disampaikan ke publik secara terbuka dan seluruh hasil kegiatannya dipersembahkan untuk negara.

Institusi Rumah Kepemimpinan sudah berdiri sejak 03 Agustus 2002 yang sebelumnya bernama PPSDMS (Program Pembinaan Sumber Daya Manusia Strategis). Pada Tahun 2012 berubah nama menjadi “Rumah Kepemimpinan“. Menurut keterangan dari salah satu anggota Rumah Kepemimpinan, Yoga Pratama, menjelaskan bahwa Rumah kepemimpinan pada awalnya memiliki 1024 Alumni dari Tujuh Regional dan mengalami perkembangan yang pesat,  “Seiring berjalannya waktu, dan beberapa perkembangannya sekarang ada 9 regional dan penambahan RK nusantara dan RK Bobana (Bogor Bandung Jatinangor) dan sekarang sudah memasuki usia yang ke 19 tahun dalam membina generasi muda menjadi calon pemimpin, 10 angkatan 328 peserta 1587 alumni,” jelas Yoga.

Rumah Kepemimpinan ini bergerak di bidang pemberdayaan sumber daya manusia yaitu pemuda pemudi di berbagai universitas di Indonesia.  Tujuan dibentuknya Rumah kepemimpinan adalah untuk menjadi inkubator pemimpin masa depan Indonesia yang siap berkontribusi dalam transformasi dan pembangunan bangsa menuju Indonesia maju.

Sebelum pandemi Rumah Kepemimpinan rutin mengadakan pembinaan bagi anggota-anggotanya namun karena pandemi pembinaan ini mengalami perubahan. “Dimasa pandemi ini Rumah Kepemimpinan harus mampu adaptif, pembinaan di masa pandemi ini diadakan secara daring,” jelas Presiden Rumah Kepemimpinan regional Medan.

Di Rumah Kepemimpinan mereka membina anggota-anggotanya untuk menjadi pemimpin yang bukan hanya sekadar memimpin, tapi juga memiliki karakter integritas. “Tentunya banyak manfaat, peserta dibina dan dibimbing untuk jadi pemimpin yang bukan sekedar pemimpin tapi pemimpin yang berkarakter secara integritas dan spiritual,” ucap Yoga.

Di hari ulang tahun Rumah Kepemimpinan ke 19 ini, Rizky Pranata berharap Rumah Kepemimpinan mampu mencetak pemimpin yang mewujudkan Indonesia madani. “Di ulang tahun RK yang ke 19 tahun, saya berharap dan saya yakin bahwa RK mampu untuk mencetak pemimpin yang berintegritas, akseptabel guna mewujudkan Indonesia yang madani,” tutup Presiden Rumah Kepemimpinan.

Redaktur: Zukhrina Az Zukhruf

Related posts

Sepi Pembeli, Begini Nasib Penjual Taiso USU Pada Masa Pandemi

redaksi

Ecoprint: Dari Limbah Jadi Karya!

redaksi

Pentingnya Silaturahim, Mahasiswa Bidikmisi Se-USU Adakan Family Gathering

suarausu