SUARA USU
Bedah Jurusan

Ilmu Administrasi Bisnis, Kenapa ada di FISIP

Penulis : Annisa Azzuhra

Suara USU, Medan. Sudah familier dengan jurusan satu ini? Atau baru mendengarnya?

Ya, Ilmu Administrasi Bisnis merupakan satu dari delapan program studi yang ada di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik ( FISIP ), Universitas Sumatera Utara. Tapi, kok bisa sesuatu yang berbau “ bisnis “ ada di FISIP? Ayo kita cari tahu.

Ilmu Administrasi Niaga / Bisnis FISIP USU  diresmikan pada tahun 2009. Salah satu alasan mengapa jurusan ini ada di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik karena disini kita akan mempelajari banyak hal, mulai dari pengetahuan ekonomi, sosial, dan politik. Kita akan menemui beberapa mata kuliah seperti Akuntansi, Pengembangan Sumber Daya Manusia, Ilmu Politik, bahkan Sosiologi Industri. Dan saat bersinggungan dengan kata “ bisnis “, maka peran eksternal dalam suatu organisasi atau perusahaan juga diikut sertakan, seperti konsumen dan pemerintah. Karena yang dipelajari sangat kompleks dan berkaitan dengan nilai sosial dan politik, sebab itulah jurusan ini pun ada di FISIP.

Lalu, apakah jurusan Ilmu Administrasi Bisnis sama dengan Manajemen?

Sebagian dari kita mungkin masih menganggap bahwa kedua jurusan ini sama. Namun ternyata ada hal spesifik yang membedakannya. Ilmu Administrasi Bisnis mempelajari tentang dasar – dasar yang harus dimiliki dalam sebuah bisnis, lalu di praktikan ke dalam kehidupan bisnis. Selain itu, Ilmu Administrasi Bisnis juga berfokus untuk menentukan tujuan dan kebijakan suatu bisnis. Sedangkan manajemen mempelajari teori pengelolaan suatu organisasi atau perusahaan agar dapat berjalan dengan baik dan benar sesuai denga tujuan yang telah ditetapkan.

Bagaimanakah prospek kerja lulusan Ilmu Administrasi Bisnis?

Meskipun baru berusia 12 tahun, namun lulusan Ilmu Administrasi Bisnis Universitas Sumatera Utara terbukti telah memperoleh pekerjaan dengan posisi strategis. Meskipun dibentuk untuk menjadi entrepreneur yang handal, tak sedikit juga lulusannya menjadi seorang profesional. Banyak dari mereka yang berkecimpung di dunia perbankan. Selain itu, lulusannya juga dapat bekerja sebagai Staf HRD, Marketing, hingga Konsultan Bisnis. Dengan luasnya pengetahuan yang diperoleh, maka memungkinkan kita untuk memperoleh pekerjaan dengan mudah.

Jadi sekarang sudah mengenal Ilmu Administrasi Bisnis kan? Cek instagramnya di @improdias_usu untuk lebih mengenal jurusan ini ya!

Redaktur: Zukhrina Az Zukhruf

Related posts

Selangkah Lebih Dekat Mengenal Sastra Jepang USU!

redaksi

Mengenal Lebih Dekat Fakultas Kehutanan USU!

redaksi

Jurusan Sosiologi, Belajar Apa dan Kerja Jadi Apa?

redaksi