Pembaruan Langsung Kasus COVID-19
SUARA USU
Kabar Kampus

IMSI’S Annual Symposium 2021 Bagi Cara Belajar Bahasa Inggris yang Efektif!

 Penulis : Adiesti Rochma 

Suara USU, Medan. Ikatan Mahasiswa Sastra Inggris (IMSI) menggelar webinar tahunan dengan mengusung tema Building The Future: Build Your English Skills, Build A Better World. Webinar ini dihadiri para mahasiswa dari berbagai latar belakang.

Webinar tahunan IMSI ini diisi oleh 3 pemateri English Literature Lecture Desri Maria Sumbayak, Native Speaker Sebastien Grenier, dan Education Content Creator Anggie Marthin.

Materi pertama dibawakan oleh Desri Maria Sumbayak dengan pembahasan “How to start building your English Skills?’. Desri memaparkan bahwa ada 4 English Skills yaitu listening, speaking, reading, dan writing yang harus kita kuasai dalam belajar bahasa inggris. Terdapat 3 gaya belajar yaitu visual, auditori, dan kinestetik.

Desri menambahkan, lakukanlah tes TOEFL atau IELTS untuk mengetahui masing masing skor dari skill bahasa inggris, sehingga kamu dapat meningkatkan skill dan kemampuan bahasa inggris kamu mulai dari elementary level hingga advanced level.

“Gunakanlah bahasa Inggris sebagai pengantar komunikasi seperti mendengarkan musik dan podcast, menonton tv, membaca novel, menulis jurnal harian,” tutur Desri.

Desri berharap agar perserta dapat mengetahui cara belajar yang tepat, nyaman, dan disukai untuk individu masing-masing dan memilih kegiatan yang menarik agar dapat menimbulkan semangat dalam belajar bahasa Inggris.

Kemudian pada sesi kedua, webinar ini dibawakan oleh Sebastian Grenier dengan pembahasan ‘The Importance of Learning English and Educational in General’. Sebastian mengatakan bahwa fasih dalam bahasa Inggris dapat membuka kesempatan kerja. Mulai dari kesempatan berkuliah hingga bekerja di luar negeri.

“Belajar bahasa Inggris adalah kunci untuk membuka akses untuk belajar pengetahuan baru karena pada umumnya jurnal yang membahas isu dunia kebanyakan ditulis dalam bahasa Inggris,” jelas Sebastian.

Terakhir, pemaparan materi dengan pembahsan “Build Your English Skills, Build A Better World” disampaikan oleh Anggie Marthin. Salah satu alasan belajar bahasa Inggris karena pada era globalisasi terjadi pertistiwa interconnected World, yaitu dimana orang-orang dunia saling berkoneksi sehingga akan membantu kita untuk mempelajari.

Selanjutnya, Anggie menjelaskan dua hal yang menjadi tantangan yang besar. Pertama, takut dalam mencoba. Kedua, sulitnya akses dalam bahasa Inggris. Untuk meperoleh kursus bahasa adalah sebuah privilege yang tidak dimiliki semua orang termasuk Anggie, hal tersebut dapat diatasi dengan belajar apa yang dapat kamu akses terlebih dahulu.

Redaktur: Yulia Putri Hadi

Related posts

Gelar Seminar Pemberantasan Korupsi, Suara USU Hadirkan Wakil Ketua KPK

redaksi

Podcast “Malam Ini”, Belajar Filosofi Kehidupan dari Mahasiswa USU

redaksi

Kedai Sumatra X Dimensi Literasi : Antara Kopi, Diskusi Dan Literasi

suarausu