SUARA USU
Kabar Kampus

Intip Jumlah Peminat SNMPTN USU 2020

Foto: tribunews.com

Penulis: Adinda/Windy Rahmadhani Lubis

 

Suara USU, Medan. Memasuki tahun ajaran baru, LTMPT telah menggelar Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi (SNMPTN) sejak 4 Januari 2021. Mendapat antusiasme yang tinggi, Universitas Sumatera Utara (USU) akan menerima mahasiswa baru hasil seleksi awal sebanyak 2133 orang dari 47 program studi (prodi). Terdiri dari 25 prodi Saintek dengan kuota mahasiswa sebanyak 1174 orang  dan 22 prodi Soshum dengan kuota mahasiswa sebanyak 959 orang.

Jumlah mahasiswa yang akan diterima pada tahun ajaran baru ini berkurang dari tahun sebelumnya. Hal ini yang menjadikan daya saing pada jalur SNMPTN pada tahun 2021 semakin tinggi, sedangkan peminat USU semakin bertambah.

Berdasarkan peringkat peminat dari yang tertinggi pada tahun 2020 adalah, Ilmu Hukum, Manajemen, Akuntansi,  Farmasi, Ilmu Kesehatan Masyarakat, Ilmu Komputer, Psikologi, Teknologi Informasi, Agribisnis dan Ilmu Kedokteran. Banyaknya peminat pada prodi Ilmu Hukum dikarenakan daya tampung yang ditawarkan oleh USU memang cukup besar.

Prodi Saintek dengan peminat paling sedikit adalah Fisika dengan 221 peminat pada tahun 2020. Sedangkan untuk prodi Soshum, peminat paling sedikit adalah Sastra Batak yang mendapat peminat hanya 17 orang.

Pendaftaran untuk jalur SNMPTN telah berakhir pada tanggal 24 Januari 2021 lalu. Untuk hasilnya akan diumumkan pada Selasa (22/3/2021), melalui laman resmi SNMPTN di https://portal.ltmpt.ac.id.

Untuk para siswa/i yang nantinya akan dinyatakan lulus SNMPTN 2021/2022, agar mengikuti tahap selanjutnya yaitu registrasi (daftar ulang) online yang terdiri atas beberapa tahapan: pengisian data Uang Kuliah Tunggal (UKT) online, pemeriksaan bebas narkoba, melakukan pra registrasi secara online, pemeriksaan kesehatan, dan pendaftaran ulang/penyerahan berkas. Untuk timeline waktu akan diberitahukan setelah pengumuman hasil SNMPTN 2021.

 

Redaktur: Yessica Irene

Related posts

Baca Puisi, Hingga Lelang Caping Warnai Aksi Tunggal Hari Ini

redaksi

Ingin Menerbitkan Buku? Gampang! Begini Caranya

redaksi

USU Layak Bangga, Lima Mahasiswa FEB ini Raih Prestasi Internasional!

redaksi