SUARA USU
Kabar Kampus Kabar SUMUT

ISPI Sumut dan Bank Sumut Bahas Pemudahan Permodalan untuk Peternak

Oleh: Kurniadi/Agus Wulandari

Suara USU, Medan. Pengurus Wilayah Ikatan Sarjana Peternakan Indonesia (PW ISPI) SUMUT menggelar audiensi dengan Perwakilan Bank SUMUT, Syafrizalsyah (Bidang UMKM) dan Hadi (Bidang Komersil) di Dubai Coffee & Resto Capten Mu, Jum’at (11/02) lalu.

“Audiensi ini sebagai pembuka jalan bagi para pengusaha perternakan, khususnya bagi alumni yang ada di Sumatera Utara itu sendiri,” ujar Perwakilan ISPI Sumut, Roby Iskandar.

ISPI Sumut pun menambahkan harapannya agar pandangannya peternak atau calon pengusaha dapat terbuka luas setelah pertemuan dengan Bank Sumut.

“Untuk menjadi pengusaha kita tidak perlu mengumpulkan modal yang besar dengan waktu yang cukup lama. Perbankan ini memberikan jalan untuk dapat membuka permasalahan yang ada selama ini,” ujar perwakilan ISPI sumut itu.

“ISPI PW SUMUT akan mencoba menjadi satu wadah yang dapat menemukan permasalahan yang ada di Peternakan Sumatera Utara. Khususnya dalam membantu masyarakat dan membangun www itu sendiri,” lanjut Roby.

Pihak perwakilan Bank Sumut pun turut mendukung rencana yang akan dilakukan oleh PW ISPI SUMUT untuk menerapkan kredit di bidang peternakan.

“Kerjasama antara pihak bank dan peternak itu masih sangat jarang, sistem pihak bank memberi kredit dan memperkenalkan setelah panen. Untuk skala marginnya masih belum dapat dijadikan bisnis, jika kita mulai dari pembibitan,”ujar Hadi.

Syarfizalsyah menambahkan jika dalam sistem domba yang digemukkan dan analisis usaha yang bisa dispesifikasikan, maka mungkin pihak bank akan membantu memberikan modal usaha. Namun tetap melihat aspek-aspeknya seperti kematian dan penyakit di situs itu sendiri.

“Untuk off taker kambing dan domba di Sumatera Utara ini ada di setiap periodenya, pada bagian pemasaran. Harapan dari kami, ISPI SUMUT dapat merumuskan kredit di peternakan kambing dan domba SUMUT. Serta menjadi wadah untuk memonitor peternak atau pengusaha peternakan dan juga bisa memberikan masukan atau sebagai pakar dalam menganalisis pembiayaan untuk pihak bank tersebut. Sebagai bahan pertimbangan kerjasama ini,” tambah Syafrizal.

“Harapannya dari sini di pihak PW ISPI SUMUT dapat mewadahi para peternak dan pengusaha di bidang peternakan. Untuk membuka binaan dan membantu dalam menganalisis usaha serta pembiayaanya,” tutup Roby.

Redaktur: Yessica Irene

 


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

USU Siap Lepas 2.000 Mahasiswa Program KKN-T USU 2022

redaksi

FIB USU dan NTU Singapura Tandatangani Kerja Sama dalam Diskusi Budaya Malayu dan Batak di Sumatera Utara

redaksi

LPM Dinamika Mengadakan Acara Pelantikan Guna Melakukan Regenerasi

redaksi