SUARA USU
Kabar Kampus

Jelang Pilmapres Tingkat Fakultas 2022, Simak Syarat dan Kriterianya!

Reporter : Cindy Shafira Putri dan Taty Kristina Malau

Pemilihan Mahasiswa Berprestasi atau Pilmapres tingkat Fakultas Universitas Sumatera Utara akhirnya kembali digelar. Zulkifli, Presiden dari Akademi Mahasiswa Berprestasi (AKAMAPRES) USU beserta dengan BPH lainnya mengumumkan persiapan-persiapan jelang Pilmapres Fakultas 2022.

Presiden Mahasiswa Berprestasi 1 dari Fakultas Kehutanan ini menerangkan bahwa Pilmapres tingkat fakultas akan dihelat pada April mendatang.

“Kira-kira kalau untuk tahun 2022 sebenarnya dari universitas sendiri sudah mengeluarkan surat edaran bahwasanya untuk di bulan April ini Insya Allah serentak akan mengadakan Pilmapres dari setiap fakultas. Tapi dari AKAMAPRES sendiri masih belum mengetahui terkait jadwal pelaksaan di tiap-tiap fakultas,” jelas Zul kepada Suara USU.

Maulida Munawwarah, mahasiswi berpretasi 1 dari Fakultas Psikologi juga menuturkan bahwa belum dapat dipastikan kapan Pilmapres tingkat fakultas ini dilaksanakan.

“Untuk mengenai jadwal yang sudah di fix kan itu sebenarnya dari masing-masing fakultas belum keluar. Jadi untuk kami sendiri belum ada mencanangkan yang harus kami up ke publik karena kami juga masih menunggu informasi lebih lanjut dari pihak fakultas,” tutur Maulida.

Thalia Angela, selaku Sekretaris AKAMAPRES USU juga menambahkan bahwa Camapres nantinya akan diambil 1 kandidat dan akan diadu juga dijenjang universitas. Thalia juga menambahkan bahwa camapres memiliki output dan tanggung jawab tersendiri sebagai penyandang status mahasiswa beprestasi.

“Seperti yang di katakan rekan saya tadi, semua tergantung dari fakultas masing-masing. Intinya kita harus mengambil 1 kandidat saja dari masing-masing fakultas dan akan di lombakan ditingkat universitas. Saya berharap kepada calon-calon mahasiswa berprestasi selanjutnya semoga mereka yang mengikuti lomba ini bukan hanya untuk famous saja tapi untuk menjadi orang-orang yang mau berkontribusi kepada society untuk memajukan Indonesia, karena kan lombanya diselenggarakan oleh KEMENDIKBUD kita sendiri,” Tutur Thalia.

Thalia juga menjelaskan kepada Suara USU terkait syarat dan juga kriteria mahasiswa yang dapat mengikuti ajang Pilmapres tingkat fakultas tahun ini. Mulai dari hal yang paling basic seperti IP minimal 3,0, mengukir prestasi baik tingkat nasional maupun internasional, aktif organsisasi dan mampu berbahasa Inggris, serta ada batasan semester yaitu satu sampai dengan semester 5.

Kemudian dilanjutkan dengan Maulida yang menambahkan syarat dan point penting yang perlu dipersiapkan oleh calon-calon pendaftar mahasiswa berprestasi. Selain bahasa Inggris peserta juga harus mempersiapkan KTI atau Karya Tulis Ilmiah, yang dimana berdasarkan dengan surat edaran, panduan tema tahun ini masih mengacu pada tahun sebelumnya dan temanya masih sama.

Zul juga berpesan kepada mahasiswa baru yang belum mengetaui terkait Pilmapres, bahwa Pilmapres ini merupakan kegiatan yang bergengsi dibawah naungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, sehingga wajib untuk diikuti.

“Pilmapres itu merupakan kompetisi pemilihan mahasiswa berprestasi yang diselenggarakan oleh Direktorat Jendral Pembelajaran dan Kemahasiswaan yang berada dibawah naungan KEMENDIKBUD. Nah, tujuannya itu adalah untuk memberikan apresiasi kepada mahasiswa terbaik yang siap menjadi Agent Of Change untuk membangun Indonesia lebih baik,” ungkapnya.

Mereka menutup wawancara kali ini dengan beberapa tips dan motivasi untuk mahasiswa baru dan calon-calon pendaftar terkait persiapan jelang Pilmapres tingkat fakultas 2022.

“Sebelum jadi mahasiswa berprestasi pasti sudah mengikuti proses-proses seperti salah satunya dari kegiatan sekolah MAWAPRES yang telah terlaksana beberapa waktu lalu. Dan juga sistem pemilihan di AKAMAPRES melalui seleksi, jadi benar-benar mahasiswa yang di USU mau ikut terlibat dalam kegiatan yang kami buat. Semoga dari kegiatan yang kami buat menjadi semi bagi calon mahasiswa berprestasi untuk meningkatkan skill dan persiapan mulai dari KTI, Public Speaking dan juga desain. Dan pesan dari saya kepada mahasiswa yang mengikuti Pilmapres, cobalah untuk benar-benar kita mencari tempat untuk dapat mengidentifikasi suatu masalah sehingga masalah kita tadi itu bisa terselesaikan sesuai dengan yang diharapkan,” pungkas Zul tegas.

“Untuk tips yang bisa aku sampaikan mungkin lebih ke mempersiapkan diri baik itu dari KTI maupun bahasa Inggris. Karena selain nanti presentasi bahasa Inggris kita juga bakal tanya jawab bahasa Inggris. Dan segala prosesi baik itu di fakultas ataupun universitas juga menggunakan bahasa Inggris. Jadi lebih dimaatangkan saja persiapannya. Untuk harapan dan pesan semoga Camawapres tahun 2022 nanti bisa jauh lebih baik dari sebelum-sebelumnya dan tentunya menginspirasi, gak cuma sekadar menyandang status tapi ada aksi nyata dan juga kerja nyatanya,” tutup Maulida.

Redaktur: M.Wirayudha Azhari Lubis


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

Pengumuman Hasil Seleksi Beasiswa BBM 2020

suarausu

Himpunan Mahasiswa Akuntansi Melaksanakan Pelantikan Kepengurusan Periode 2024/2025

redaksi

Sukses Lantik Pengurus Baru, Ini Harapan Ketua Umum Imilkom Kepengurusan 2022/2023

redaksi