SUARA USU
Entertaiment Featured

Judgemental Society, Penghakiman Atas Setiap Sisi Kehidupan Orang Lain

Syahfira Insani Agustin

Suara USU, MEDAN. Disadari atau tidak, setiap perilaku kehidupan kita saat ini tidak terlepas dari berbagai penilaian orang lain di sekitar kita, baik di kehidupan dunia nyata maupun di kehidupan dunia maya. Bahkan sudah menjadi suatu hal yang dianggap normal jika seseorang tiba-tiba menjadi hakim atas  setiap sisi kehidupan kita. Perilaku publik menilai setiap sisi kehidupan orang lain inilah yang disebut dengan Judgemental Society.

Jangan sok Inggris lah kita kan tinggal di Indonesia”,

itu aja masa gak tau sih itu kan hal basic semua orang pasti paham”,

Contoh judgemental society yang membuat seseorang tidak ingin lagi belajar dan melatih sklill bahasa inggrisnya, dan membuat seseorang tidak lagi mau bertanya hal yang memang tidak dia ketahui. Mungkin contoh-contoh diatas dan contoh judgemental society lainnnya sering kali kita jumpai atau mungkin pernah kita alami sendiri.

Namun, hal yang dianggap wajar oleh sebagian besar masyarakat ini mempunyai dampak yang tidak main-main, salah satunya adalah menyebabkan kualitas sumber daya manusia dan kualitas pengetahuan masyarakat menurun. Tentunya jika kebiasaan buruk ini tidak segera dihilangkan, akan ada banyak sekali dampak buruk lainnya yang kita dapatkan khususnya pada generasi masa depan bangsa yang akan menjadi Future Leaders negara ini.

Hidup di tengah Judgemental Society memang tidak bisa dihindari selama kita masih bersosialisasi dengan orang banyak, lalu bagaimana sih agar kita tetap bisa menjalani kehidupan dengan baik walaupun di tengah Judgemental Society?

Ambil Kontrol Atas Diri Kita Sendiri

Kita harus bisa menerima fakta bahwa kita hidup di dunia dimana setiap orang berhak berkomentar atas semua hal bahkan tentang kehidupan orang lain sekalipun. Tetapi, kita juga tidak wajib mendengar semua komentar orang lain atas diri kita. Kita memang tidak bisa menutup mulut orang lain yang berkomentar buruk tentang kita, namun kita masih punya dua tangan untuk menutup telinga kita.

Jangan Telan Bulat-bulat Perkataan Mereka

Mem-filter perkataan orang lain atas diri kita sendiri adalah hal yang harus kita lakukan jika mendapatkan Judgemental society. Kita tidak harus menyenangkan orang lain dengan menuruti semua perkataannya tentang kita.  Kita hanya perlu fokus dengan apa yang menurut kita baik dan terus berproses dengan cara kita sendiri.

Jauhi Mereka yang Menjatuhkan

Setiap orang berhak memilih dengan siapa dia akan berteman. Lingkungan sekitar kita mempunyai peran yang sangat penting atas kehidupan kita. Pertemanan yang positif akan memberikan pengaruh positif juga pada diri kita begitu juga sebaliknya. Dengan memilih menjauhi lingkungan pertemanan yang negatif adalah salah satu cara untuk tetap memiliki kehidupan yang baik di tengah Judgemental Society.

Redaktur: Muhammad Fadhlan Amri


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

Hari Gizi Nasional 2024 yang ke-64 : “MP-ASI Berkualitas untuk Generasi Emas”

redaksi

Setelah Dua Tahun Hiatus, The Rose Kembali dengan Album Penyembuhan

redaksi

Tipe Gaya Hidup Mahasiswa di Dunia Perkuliahan

redaksi