SUARA USU
Featured

Kenali dan Fahami Makna Dies Natalis!

Oleh: Eka Syafitri Marpaung dan Exaudi Lubis

Suara USU, MEDAN. Tentunya bagi mahasiswa-mahasiswi USU saat ini sudah tak asing dengan rentetan perayaan Dies Natalis. Baik Dies Natalis fakultas maupun universitas silih berganti diperingati dan dirayakan bersama. Namun, sudahkah kita mengetahui makna, arti dan maksud dari Dies Natalis itu sendiri?

Ungkapan Dies natalis biasanya lebih dikenal di kalangan lembaga pendidikan contohnya di perguruan tinggi. Dies artinya hari (day), sedangkan natalis dalam bahasa latin artinya kelahiran (birth). Atau bisa kita artikan sebagai hari lahir, atau hari ulang tahun sebuah lembaga.

Jika kita mengacu pada Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), Dies Natalis memiliki arti hari ulang tahun berdirinya suatu lembaga pendidikan tinggi (universitas, akademi, dan sebagainya). Jadi dies natalis  bisa dimaknai serupa dengan birthday, anniversary, milad dan istilah peringatan hari lahir lainnya.

Tujuan dari acara ini dilaksanakan adalah selain untuk memperingati hari berdirinya perguruan tinggi juga untuk terwujudnya hubungan yang serasi dan harmonis  antara unsur-unsur dalam civitas akademik, apalagi bagi sebuah perguruan tinggi yang punya fungsi utama melahirkan kader yang berkualitas dan berintegritas.

Dies natalis seharusnya menjadi momentum untuk memperkuat komitmen akan perubahan demi kemajuan. Perlu ada penegasan tentang upaya-upaya yang harus dilakukan sebagai bagian dari resolusi civitas itu sendiri.

Memperingati hari kelahiran sebuah lemabaga pendidikan tentunya menjadi momentum istimewa untuk dirayakan. Beda pihak, beda pula cara dalam merayakannya tergantung dengan keinginan hingga kesanggupan dari masing-masing pihak.

Sama halnya ketika kita merancang acara ulang tahun sendiri, tentunya tidak akan sama dengan cara orang lain dalam merayakannya. Namun, masing-masing pihak tersebut tentu akan mengemasnya dengan sebaik mungkin dan diselenggarakan dengan cara yang beragam.

Dimulai dari pemilihan tema yang beragam, pengadaan lomba seperti olahraga atau karya, mengundang tamu sebagai pembicara atau motivator, mengundang band sebagai acara hiburan, perayaan yang kreatif dan unik, dan berbagai cara lainnya dalam menambah semarak acara.

Pastinya dies natalis memiliki makna tersendiri bagi setiap pihak selain sebagai pengingat waktu berdirinya lembaga tersebut. Namun, pasti ada harapan serta cita-cita dibalik setiap makna tersebut. Semakin bertambah usia, semakin bertambah pula karya nyata dan inovasi yang tercipta.

Redaktur: Muhammad Fadhlan Amri


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

Berada pada Fase Quarter Life Crisis, Apa yang Harus Dilakukan?

redaksi

Pentingnya Penerapan Nilai-Nilai Pancasila di Masa Pandemi Covid-19

redaksi

JAGA KEDAULATAN BANGSA, BEM SI SUMBAGUT GELAR TALKSHOW INSPIRATIF

suarausu