SUARA USU
Kabar Kampus

KAMMI Merah Putih USU Kembali Adakan Pengabdian Masyarakat di Desa Jaring Halus

Reporter: Adek Al Zihan Khairani

SUARA USU, MEDAN. Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) Komisariat Merah Putih kembali mengadakan Pengabdian Masyarakat yang diberi nama menjadi PADI (Pemuda Mengabdi) pada tanggal 04 s.d. 06 Maret 2022 di   Desa Jaring Halus Kec. Secanggang Kab. Langkat Prov. Sumatera Utara dengan tema “Mengabdi Dengan Aksi, Bergerak Dengan Hati.”

Pengabdian masyarakat merupakan program kerja Kammi Komisariat Merah Putih USU yang dinamakan dengan PADI (Pemuda Mengabdi). Kegiatan ini dilakukan 1 kali selama kepengurusan.

Motivasi dari KAMMI Komisariat Merah Putih USU menciptakan program tersebut untuk memberi perhatian terhadap masyarakat dan menumbuhkan sikap saling peduli terhadap masyarakat sekitar sehingga menjadikan kader KAMMI lebih dekat dengan masyarakat umum, terciptanya kepedulian kader KAMMI untuk berbagi dan membangun serta mengembangkan jiwa sosial kader Kammi Komisariat Merah Putih USU.

Dalam pemilihan daerah untuk pengabdian masyarakat, kader KAMMI lebih memilih daerah yang jauh dari perkotaan, akses yang sulit dijangkau sehingga perlu perhatian yang lebih untuk mengembangkan desa tersebut.

Adapun tokoh yang mendukung kegiatan PADI yaitu Alumni KAMMI salah satunya Bpk. Hendro Susanto selaku ketua komisi A DPRD Sumatera Utara dan beberapa oknum yang sudah berdonasi. Adapun instansi yang terlibat mendukung kegiatan ini yaitu: Human Initiative (HI), Dinas Kelautan dan Perikanan Sumatera Utara, Dekan Fakultas Keperawatan USU.

Pada hari pertama, Minggu (04/03)  kegiatan PADI (Pemuda Mengabdi) mengunjungi rumah Kepala Desa Jaring Halus untuk berdiskusi mengenai agenda di hari sabtu dan minggu. Kedatangan kader Kammi Komisariat Merah Putih USU disambut dengan hangat dan ramah oleh masyarakat Desa Jaring Halus.

Pada hari kedua, Senin, (05/03)  PADI (Pemuda Mengabdi) mengadakan Opening Ceremony di Kantor Kepala Desa Jaring Halus yang dipandu oleh MC, Adek Al Zihan Khairani dan Cinta Aprilila Subrata. Opening Ceremony dihadiri oleh beberapa tokoh besar seperti: Dekan Fakultas Keperawatan USU, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Sumatera Utara, Ketua Komisi A DPRD Sumatera Utara, Kepala Desa beserta stafnya dan seluruh masyarakat Desa Jaring Halus. Opening Ceremony dibuka oleh Kepala Desa Jaring Halus, Bapak H. Usman S.Pd.

Adapun kata sambutan yang disampaikan oleh tokoh besar, disampaiakan oleh 4 tokoh besar yaitu  oleh Ketua Umum KAMMI Komisariat Merah Putih USU, Muhammad Liputra, kedua oleh Ketua Panitia, Aulia Ramadhan, ketiga oleh Ketua Komisi A DPRD Sumatera Utara, Bapak Hendro Susanto dan keempat oleh Kepala Desa Jaring Halus, Bapak H. Usman S.Pd.

Dinas Kelautan dan Perikanan Sumatera Utara juga menyampaikan materi budidaya ikan serta Dekan Fakultas Keperawatan USU memberikan pelayanan cek kesehatan secara gratis untuk masyarakat setempat.

Di acara penutup, Ketua Komisi A DPRD Sumatera Utara memberikan Santunan Anak Yatim sebanyak 30 orang dan juga memberikan sembako untuk masyarakat.

Pada waktu yang bersamaan juga dilaksanakan sebuah perlombaan untuk anak-anak di Desa Jaring Halus khususnya YAYASAN MIS AL-FALAH untuk mengembangkan potensi dan bakat mereka. Ada tiga jenis perlombaan yang dilombakan yaitu:

  1. Lomba Hafalan Surah
  2. Lomba Adzan
  3. Lomba Mewarnai

Pada malam harinya, PADI (Pemuda Mengabdi) melaksanakan kegiatan NOBAR (Nonton Bareng) dengan anak-anak dan beberapa masyarakat Desa Jaring Halus di halaman Kantor Kepala Desa. Film yang diputar yaitu film edukasi yakni film Nusa dan Rara serta Film Iqro yang menceritakan tentang pentingnya sebuah pendidikan. Setelah itu, Penyampaian motivasi yang disampaikan oleh kader Kammi Komisariat Merah Putih USU, May Salamah Purba. Acara selanjutnya, pengumuman pemenang perlombaan.

Pada hari ketiga, Selasa (16/03) PADI (Pemuda Mengabdi) melaksanakan kegiatan gotong-royong di sekitar perumahan masyarakat Desa Jaring Halus.

“Harapan saya setelah sukses melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat ini semoga akan ada dampak positif dan perubahan di Desa Jaring Halus meskipun hanya beberapa hari saja dan saya berharap, kegiatan pengabdian masyarakat dapat dilakukan 3 bulan sekali agar dampaknya itu lebih terasa oleh masyarakat,” tutup Muhammad Liputra.

Redaktur: Yessica Irene


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

Penutupan PKKMB USU 2023 dengan Gebyar Literasi Nusantara

redaksi

Paslon 01 Cagub FISIP USU Harapkan KPU Bertindak Adil

redaksi

Mahasiswa USU Berhasil Melakukan Terobosan Teknologi Kedokteran Gigi yang Diberi Nama ‘CAUXYS’

redaksi