SUARA USU
Kabar Kampus

Kemendiklitbang PEMA USU Adakan Lomba Pidato Bahasa Inggris Nasional

Reporter : Cory Patricia


Suara USU, Medan.
Pemerintahan mahasiswa Universitas Sumatera Utara mengadakan perlombaan pidato Bahasa Inggris lewat ESC3 USU (English Speech Coaching Clinic and Competition). English speech coaching clinic and competition adalah salah satu program kerja kementerian pendidikan, penelitian, dan pengembangan yang ditujukan untuk memfasilitasi para mahasiswa dalam mengembangankan diri di bidang Bahasa Inggris.

Perlombaan pidato ESC 3 USU mengusung tema “Social Development and Innovation by Deepening of Society 5.0 as an Intellectual Revolution”. Tema ini diusung oleh panitia perlombaan karena dianggap tepat sasaran kepada mahasiswa dan sesuai dengan kondisi sosial saat ini. Tema tersebut hanya digunakan untuk tahap pertama. Akan ada tema yang lebih spesifik di tahap-tahap berikutnya. Hal ini dijelaskan oleh ketua humas ESC 3 USU, Salsa Ghina.

“Jadi tema yang tertera di flayer itu adalah tema besarnya untuk seluruh peserta acara competition, sedangkan untuk grand final dan finalnya itu ada temanya lagi yang lebih spesifik. Kemudian kenapa dipilih temanya ini, karena kalo dipikir-pikir kan sesuai dengan kondisi saat ini, sesuai dengan perkembangan zaman juga, dan temanya ini sejalan dengan sasaran dari progja ini karena kan dikhususkan untuk mahasiswa,” ungkap Salsa.

Syarat untuk mengikuti perlombaan ini adalah sebagai berikut :
1. Membayar biaya pendaftaran sebesar Rp 50.000
2. Berusia 16-21 tahun (dibuktikan dengan KTM/KTP/Kartu Pelajar)
3. Mengisi google formulir pendaftaran
4. Follow Instagram @esc3_usu
5. Posting twibbon yang telah ditetapkan panitia

Tahap pelaksanaan dalam mengikuti lomba adalah sebagai berikut :
• Registrasi online
6 – 22 April 2022
• Technical Meeting
22 April 2022
• Pengumpulan Video Pidato
22- 25 April 2022 Jam 23.59
• Grandfinal
26 April 2022
• Final
27 April 2022

Untuk tahapan seleksi, Salsa menjabarkan bahwa peserta akan diseleksi hingga 10 besar saat memasuki grandfinal. Kemudian akan diseleksi lagi hingga menjadi 5 besar peserta saat memasuki babak final. Lalu akan dipilih lagi 3 peserta untuk menjadi pemenang perlombaan.

“Untuk target peserta, kami berharap mahasiswa mendaftar sebanyak-banyaknya tapi saat memasuki grandfinal, kami akan menyeleksi sampai 10 besar peserta. Sedangkan untuk final, kami akan menyeleksi sampai 5 besar peserta. Yang mendapatkan hadiah hanya 3 pemenang tapi yang lainnya juga tetap dapat sertifikat,” tutup Salsa.

Related posts

Ketok Palu, USU Resmi Laksanakan PTM Semester Depan

redaksi

Kembali Beregenerasi Melalui Pelantikan Pengurus BEM FKM USU 2023/2024

redaksi

USU Persiapkan Vaksinasi Massal untuk 20.000 Mahasiswa

redaksi