Pembaruan Langsung Kasus COVID-19
SUARA USU
Kabar Kampus

Kilas Balik 26 Tahun Dinamika Pers Mahasiswa Suara USU

Oleh: Agus Nurbillah

Suara USU, MEDAN. Menjadi lembaga pers mahasiswa dengan menyuguhkan berbagai berita dan informasi terkini seputar kabar kampus maupun sajian lainnya, sudah ditekuni oleh salah satu Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Suara USU yang kini telah menginjak usia ke-26 tahun, tepat pada Kamis, 1 Juli 2021 lalu.

Suara USU merupakan UKM yang kini mengelola pers bidang media online di tingkat Universitas Sumatera Utara. Pers Mahasiswa ini memiliki beberapa divisi kerja, yaitu Redaksi, Perusahaan, dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia (PSDM). Masing-masing divisi di pers mahasiswa ini saling bersinergis meningkatkan mutu produk yang dihasilkan Suara USU.

Sebagai media interaksi positif insan kampus, Suara USU menjadi penyalur aspirasi mahasiswa Universitas Sumatera Utara dengan menyediakan berbagai rubrik bacaan, seperti kabar kampus, kabar SUMUT, opini, infografis, life style, musik, sastra, kuliner, dan lainnya.

Sebelum beralih menjadi media online, Suara USU pernah mempunyai produk cetak Tabloid Mahasiswa Suara USU hingga edisi ke 109, Majalah Mahasiswa Suara USU yang terbit hingga edisi 7 pada tahun 2016, pada periode kepengurusan 2004, Suara USU juga pernah menerbitkan buletin (buletin KAMU), hingga pada periode kepengurusan 2017, Suara USU memutuskan untuk berfokus mengelola media online sampai saat ini.

Kurniadi Syahputra, salah satu mantan Pimpinan Umum Suara USU periode 2020 saat kami wawancarai via Whatsapp menyebutkan, Suara USU telah memberikan banyak manfaat bagi dirinya, menambah relasi pertemanan dan pengalaman, serta Ia mendapatkan ilmu baru di dunia jurnalistik yang sebelumnya tidak pernah terfikirkannya.

“Suka duka di Suara USU, kalau dukanya seperti menghadapi awak Suara USU dengan berbagai karakternya, hal yang paling berkesan bagi saya saat Suara USU memenangkan juara 2 di kategori Media Massa Kampus Peduli Bahasa Tingkat Sumut. Juga tantangan dan hambatan selama mengikuti lembaga pers mahasiswa ini adalah seringkali adalah narasumber yang susah untuk dijumpai, juga pilar organisasi Suara USU yang butuh banyak perbaikan.” Tutur Kurniadi.

Terakhir, Kurniadi berharap semoga Suara USU bisa lebih tajam lagi, berbenah dari setiap kesalahan, juga menjadi media pelopor kebenaran dan keadilan di kampus USU.

Senada dengan Kurniadi, Muhammad Fadhlan Amri yang merupakan Pimpinan Umum beharap bahwa momentum ulang tahun menjadikan Suara USU, terkhusus para anggotanya mampu memperbaiki dan meningkatkan kinerjanya sebagai sebuah organisasi dan media.

“Momentum ulang tahun ini harus mampu dijadikan ajang meningkatkan kualitas dan kuantitas kinerja kita semua baik sebagai organisasi maupun sebagai lembaga pers mahasiswa, setiap kru harus mampu mengeluarkan effort terbaiknya dan berkomitmen terhadap amanah yang diemban. Pers mahasiswa bukan hanya sebuah organisasi, lebih dari itu, pers mahasiswa adalah penyambung lidah, dan nafas perjuangan bagi para mahasiswa,” pungkasnya.

Redaktur: Muhammad Fadhlan Amri

Related posts

USU Adakan Pelatihan Juru Sembelih Halal Di SUMUT

suarausu

Penghujung 2020, Bantuan Kuota Masih Tak Merata

redaksi

Cantik Tak Hanya Sebatas Putih Dan Rambut Lurus Makna Pesan Film Imperfect : Karier, Cinta, Dan Timbangan

suarausu