Pembaruan Langsung Kasus COVID-19
SUARA USU
Kabar Kampus

KIP Kuliah untuk Mahasiswa Baru Telah Selesai Dicairkan

Ilustrasi : Malpi/Suara USU

Reporter : Sonya Simamora

Suara USU, Medan. Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah yang sebelumya kita dengar dengan nama Bidikmisi, merupakan program pemerintah untuk membantu mahasiswa yang berasal dari keluarga kurang mampu. KIP kuliah memberikan bantuan sebesar Rp 6,6jt dengan rincian: 2,4jt untuk uang kuliah dan 4,2jt untuk biaya hidup mahasiswa yang diterima satu kali dalam satu semester, sehingga dapat dikatakan uang saku sebesar Rp  700.000,00/bulan.

Hampir seluruh perguruan tinggi negeri menyediakan beasiswa ini. Tak terkecuali Universitas Sumatera Utara (USU). Jumat (26/02) merupakan akhir pencairan KIP Kuliah bagi mahasiswa USU stambuk 2020.

Pada Kamis (02/02) lalu, BKK USU mengeluarkan surat edaran tentang perubahan jadwal, pengambilan buku tabungan dan kartu mandiri KIP Kuliah mahasiswa angkatan 2020. Jadwal pencairan dipercepat dari yang sebelumnya direncanakan 29 Desember 2020.

Penjadwalan ini tidak berdasarkan fakultas maupun periode,  namun disusun sesuai alfabet  dari nama mahasiswa yang dinyatakan lulus KIP Kuliah oleh rektor. Berjumlah sekitar 1.608 mahasiswa pada 20 November 2020.

Pencairan ini  dilakukan di  Bank Mandiri cabang USU Jl. Universitas depan Fakultas Ilmu Budaya USU, yang dimulai pada 04 Januari 2021 dengan jam operasinal 09.00-14.00 WIB.  Mahasiswa diwajibkan untuk membawa materai 6.000 sebanyak 2 lembar atau materi 10.000 satu lembar, KTMS/KTM, KTP(Kartu Tanda Penduduk), KK (Kartu Keluarga) serta kartu KIP  Kuliah yang telah difotocopy rangkap satu untuk diserahkan kepada petugas, serentak dengan berkas formulir. Untuk proses pencairan hanya butuh satu hari.

“Di sana diterapkan protokol kesehatan, seperti menggunakan masker, mencuci tangan, memeriksa suhu tubuh, dan menjaga jarak,” ujar Suryani, mahasiswa baru penerima KIP Kuliah ketika diwawancarai melalui whatsApp.

Dalam pencairan  bantuan ini, banyak mahasiswa baru yang mengalami kendala. Salah satunya karena tempat tinggal yang berada di luar kota, tidak memungkinkan untuk datang ke kampus di masa pandemi.

“Maka bagi mahasiswa baru diperbolehkan datang  setelah penutupan jadwal pengambilan KIP Kuliah, kemungkinan seminggu setelah berakhirnya penutupan jadwal. Namun tetap ditekankan bahwasanya tetap segera mungkin mengambil, agar pihak Birek maupun pihak Bank Mandiri itu selesai dalam tugasnya, jadi kerja sama dari mahasiswa penerima itu sendiri,” ujar Yoga Pratama selaku ketua Gamadiksi USU 2021/2022 via whatsApp.

Yoga juga memaparkan harapannya untuk penerima KIP Kuliah, agar jangan sia-siakan kesempatan yang ada, manfaatkan apa yang sudah diberi.

“Jangan ada lagi kata finansial sebagai kendala untuk melanjutkan perguruan tinggi. Semangat dalam memasuki dunia perkuliahan, jangan ngeluh apalagi malas karena banyak di luar sana mau diposisi kita sekarang ini sebagai penerima KIP kuliah, dan banyak yang susah payah bekerja untuk membayar UKT.” tutur Yoga.

“Pergunakan uang saku tersebut ke hal yang bermanfaat dan berguna. Jadilah bukan hanya sebagai penerima tetapi juga jadi pemberi. Karena KIP kuliah itu sangat membantu keberlangsungan, memberikan akses kepada seluruh mahasiswa di Indonesia untuk dapat melanjutkan sekolahnya hingga pendidikan perguruan tinggi.” lanjutnya.

Redaktur: Yulia Putri Hadi

 

 

Related posts

Kebijakan Bantuan UKT/SPP di USU Dinilai Tidak Adil

redaksi

Survei Analisis Serta Kupas Tuntas Program PKMI!

redaksi

Masa Kuliah Daring Diperpanjang, Mahasiswa USU Menuntut Kompensasi

redaksi