SUARA USU
Kuliner

Klepon, Kue Tradisional yang Digemari Masyarakat

Oleh: Fadilla Shafira

Suara USU, Medan. Klepon adalah salah satu kue tradisional Nusantara yang terkenal dikalangan masyarakat umum. Rasanya yang manis dan teksturnya yang kenyal membuat klepon menjadi camilan yang disukai banyak orang. Memperolehnya pun tidak sulit, karena biasanya klepon dapat ditemukan di pasar tradisional dengan harga yang terjangkau. Membuat sendiri juga bisa, karena alat dan bahannya banyak dijual dimana-mana, ditambah lagi pembuatannya pun terlampau mudah.

Tergantung tempatnya, kue klepon juga memiliki nama lain seperti ‘buah malaka’ atau bahkan ‘onde-onde’. Nama ‘klepon’ banyak digunakan oleh orang-orang yang berlatar budaya Jawa, sedangkan ‘buah malaka’ dan ‘onde-onde’ biasa dipakai oleh orang-orang Sumatera dan Sulawesi. Ini terkadang bisa membuat bingung orang-orang, karena ada kue tradisional lain yang disebut dengan ‘onde-onde’. Bentuknya juga bulat dan punya isian seperti klepon. Bedanya yang satu digoreng dan dibalur wijen, yang satu direbus dan dibalur kelapa.

Klepon yang banyak dijual identik dengan warna hijau dan dibalut dengan parutan kelapa. Meskipun begitu, sebenarnya ada juga yang membuat klepon dengan warna yang berbeda-beda tergantung selera. Kreasi klepon saat ini bukan hanya ada pada warnanya, tetapi juga pada isiannya. Klepon yang umumnya memiliki isian gula merah sekarang sudah ada yang memiliki isian mozarella dan daging. Selain itu, cara penyajian klepon pun kini turut dikreasikan. Mulai dari menjadi cake ulang tahun klepon hingga dessert boks klepon.

Ragam kreasi kue klepon ini menunjukkan bahwa budaya tradisional bisa dilestarikan seiring dengan perkembangan zaman. Tidak selamanya budaya modern membuat hal-hal tradisional hilang, justru sebaliknya, malah menambah ragam dari budaya itu sendiri.

Redaktur : Fitri Dian Jannah


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

Kantin ‘MAM’ Primadona: Harga Murah Rasa Lezat

redaksi

Croissant Cromboloni, Makanan yang Sedang Tren di Media Sosial

redaksi

Rasa Khas Ayam Geprek Andaliman 63 Belakang Kampus USU

redaksi