SUARA USU
Kabar Kampus

Kolaborasi KPS dan IMAHARA FH USU, Adakan Pelatihan Pembuatan Surat Gugatan

Oleh: Yessica/Arnoldus

Suara USU, MEDAN. Pentingnya pemahaman mengenai pembuatan surat gugatan bagi mahasiswa Fakultas Hukum membuat IMAHARA FH USU dan KPS FH USU menginisiasi sebuah Pelatihan Pembuatan Surat Gugatan yang dilaksanakan via Zoom Meeting, (18/09/2021).

Acara ini menghadirkan narasumber Muhammad Raziv Barokah seorang senior lawyer dari Integrity Law Firm. Dibuka oleh MC, acara yang dihadiri oleh lebih dari 500 peserta ini juga dihadiri oleh Dekan serta Wakil Dekan I FH USU.

“Profesi hukum adalah profesi yang sangat memiliki impact dalam masyarakat. Baik itu menjadi advokat, notaris, maupun jaksa. Semua pekerjaan itu memiliki impact bagi masyarakat, maka kita harus menempah diri tidak hanya berilmu tinggi, tetapi juga memiliki keterampilan yang mutlak di bidang hukum. Oleh karena itu, pelatihan seperti ini mutlak untuk dilakukan,” ungkap Mahmul Siregar selaku Dekan FH USU.

Kemudian acara dilanjutkan ke sesi diskusi yang dibawakan oleh moderator, Nurhadi Ahmad Juang. Dalam jalannya diskusi, Raziv selaku narasumber mengungkapkan bahwa kedudukan surat gugatan merupakan hal yang sangat penting dalam Peradilan Tata Usaha Negara (PTUN), maka seluruh civitas akademika Fakultas Hukum harus paham mengenai cara pembuatan surat gugatan ini.

Sesi diskusi diawali dengan materi tentang PTUN, kemudian dilanjutkan dengan Teknik penyusunan gugatan PTUN, kemudian tanya jawab, lalu memberikan kasus posisi, dan diakhiri dengan latihan. Peserta diarahkan untuk melatih diri dengan praktik pembuatan surat gugatan dengan kasus posisi yang telah diberikan oleh narasumber. Tidak hanya sebagai latihan, praktik membuat surat gugatan ini oleh KPS FH USU dan IMAHARA FH USU dijadikan sebagai kompetisi menulis surat gugatan yang pemenangnya diumumkan melalui Instagram IMAHARA FH USU atau KPS FH USU.

“Skill menyusun gugatan sangat diperlukan, tidak hanya dipelajari tetapi juga dilatih. Teman-teman bisa melihat perkara-perkara yang sudah diputus, bisa juga menyerap ilmu dari banyak training yang telah dilakukan saat ini,” tutup Raziv.

Redaktur : Wiranto Asruri Siregar


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

Generation of Agriculture: Bakti Sosial dan Edukasi Pupuk Organik Cair JAKABA di Desa Lengau Seprang

redaksi

Mengusung 1 Paslon, Begini Pelaksanaan Pemira FKM USU

suarausu

NKCTHI Klintan FP USU Adakan Lomba Poster dan Fotografi Lewat Klintan Digital Creative

redaksi