Pembaruan Langsung Kasus COVID-19
SUARA USU
Kabar Kampus

KOMPAS USU Ikut Serta dalam River Cleanup World 2021

Penulis : Niara Simarmata

Suara USU, MEDAN. Perkumpulan Pemuda Pemudi Kampung Sejahtera (PPPKS) melakukan kegiatan River Cleanup World 2021 dalam rangka mendorong Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang jatuh pada tanggal 5 Juni 2021 lalu. Kegiatan ini melibatkan berbagai kalangan mulai dari Explore Sumatera, Vertical Rescue Indonesia Regional Sumatera Utara, KOMPAS USU, Pewarta Foto Indonesia Medan, Sumatera Tropical Forest Journalism (STFJ), PILAR Indonesia, PANDAWA Kayak, FAJI Kota Medan, KAHMI dan beberapa organisasi lainnya. Dalam kegiatan ini dilakukan aksi bersih sungai Babura menggunakan perahu, terdapat 8 perahu karet, 2 sekoci dan 2 kayak yang turun sungai.

Korps Mahasiswa Pencinta Alam dan Studi Lingkungan Hidup Universitas Sumatera Utara (KOMPAS USU) sebagai organisasi pencinta alam merayakan Hari Lingkungan Hidup Sedunia dengan aksi nyata, mulai dari penanaman hulu sungai Deli hingga aksi bersih sungai Babura yang diadakan oleh Perkumpulan Pemuda Pemudi Kampung Sejahtera (PPPKS) . Tidak hanya berpetualang di Alam, namun organisasi ini juga aktif dalam melakukan studi lingkungan hidup, sebagai bentuk cinta alam dari setiap anggota organisasi KOMPAS USU.

KOMPAS USU membangun hubungan yang baik dengan berbagai instansi untuk melestarikan alam. Sania Sofi Hayati sebagai sekretaris umum KOMPAS USU menuturkan harapannya untuk membersihkan dan menjaga sungai. “KOMPAS USU memiliki rasa tanggung jawab untuk turut serta menjaga lingkungan sungai Babura, harapan kedepannya lebih maksimal dalam membersihkan dan menjaga sungai,” tuturnya.

PPPKS juga dalam kegiatan ini tidak hanya melakukan kegiatan aksi bersih sungai, namun juga melakukan peresmian Sekolah Sungai Kampung Sejahtera. Aminurasid Selaku Ketua PPPKS mengatakan bahwa sekolah ini akan menjadi wadah yang dapat mengedukasi masyarakat tentang lingkungan. “Dengan adanya Sekolah Sungai Kampung Sejahtera dapat menjadi satu wadah untuk masyarakat dan lembaga lain untuk berbagi ilmu tentang mitigasi bencana, edukasi lingkungan, dan yang lainnya,” tutupnya.

Redaktur : Wiranto Asruri Siregar

Related posts

Seleksi Nasional 2019 Beasiswa Etos ID

suarausu

33.448 Peserta Ikuti UTBK di Universitas Sumatera Utara

redaksi

Mahasiswa FMIPA USU Harapkan Praktikum Daring Berkelanjutan

redaksi