SUARA USU
Kabar Kampus

LKBH FH USU Adakan Online Training Series II “Pelatihan Pembuatan Legal Memorandum”

Oleh: Talentania

Suara USU, Medan. Lembaga konsultasi dan bantuan hukum Fakultas Hukum Universitas Sumatera Utara (LKBH) mengadakan webinar  free training series II  dengan tema “pelatihan membuat legal memorandum”.  Webinar ini adalah salah satu bentuk pelayanan yang dilakukan oleh  LKBH FH USU dengan tujuan agar mahasiswa dapat memahami lebih baik lagi dalam membuat legal memorandum yang akan berguna nanti di dunia pekerjaan sebagai sarjana hukum. Webinar ini dilaksanakan melalui zoom meeting pada Sabtu (31/11) dan dihadiri oleh mahasiswa S1, S2, S3, dan Alumni FH USU.

Acara dibuka oleh MC Ahmad Asril Pasaribu, kemudian dilanjutkan oleh kata sambutan Ketua Laboratorium Fakultas Hukum, Rafiqoh Lubis, S.H., M.Hum. Rafiqoh mengungkapkan betapa pentingnya pelatihan legal memorandum bagi mahasiswa Fakultas Hukum.

Dr. Andris, SH., MH., CRA., CLA., CLI., CPI, sebagai narasumber pertama menjelaskan 4 hal yang harus dipahami dalam legal memorandum yaitu definisi legal memorandum,  fungsi legal memorandum, sumber-sumber hukum dalam membuat legal memorandum,  dan  sistematika legal memorandum.

Franz Mika Widardo Harahap,S.H.,M.H, sebagai narasumber kedua mengungkapkan bahwa legal memorandum sekarang ini dapat dijadikan sebagai pengganti   karya ilmiah ataupun  tugas akhir skripsi.

legal memorandum ini sangat penting dibuat oleh para advokat sebelum membuat legal opinion yang akan diserahkan kepada klien, agar klien dapat mengambil tindakan hukum.  Dalam membuat legal memorandum juga harus seimbang antara pihak klien dengan pihak lawan tanpa adanya hal yang harus ditutupi guna mencari fakta-fakta ataupun bukti-bukti dari persengketaan tersebut, guna advokat dapat mengambil tindakan apa yang harus dilakukan,” Ungkap Franz.

Webinar ini ditutup dengan penyerahan sertifikat sebagai tanda simbolik kepada narasumber dan diakhiri dengan sesi dokumentasi.

Redaktur: Yessica Irene

 


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

FISIP USU Adakan Kolaborasi dengan UKM Malaysia dalam Rangka Mencapai WCU

redaksi

IMPM USU Bersama PMI Medan Sukses Selenggarakan Aksi Donor Darah

redaksi

redaksi