SUARA USU
Kabar Kampus

LPPM USU Adakan Pengabdian Bersama Mahasiswa di Desa Denai Sarang Burung

Reporter: Khadijah Lubis

Suara USU, Medan. Lembaga Pengabdian Pada Masyarakat Universitas Sumatera Utara (LPPM USU) melalui Program Partisipasi Dosen dan Mahasiswa mengadakan Desa Binaan dengan tema “Peningkatan Kesejahteraan Warga Desa melalui Pemberdayaan Bidang Kesehatan, Ekonomi, dan Pendidikan di Desa Denai Sarang Burung, Kecamatan Pantai Labu, Kabupaten Deli Serdang sejak 26 November s/d 18 Desember 2022

Salah satu anggota dari Tim Partisipasi Dosen dan Mahasiswa yaitu Teguh Kurniawan, menjelaskan bahwa Desa Binaan yang diadakan kepada warga bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan warga desa melalui pemberdayaan 3 bidang yaitu Kesehatan, Ekonomi dan Pendidikan serta merealisasikan semangat membangun desa melalui program kegiatan yang berdasarkan pada masalah dan potensi dan desa Denai Sarang Burung.

“Kami berharap dengan adanya kegiatan ini dapat berdampak positif terhadap mitra yaitu Desa Denai Sarang Burung dan program yang diadakan dapat diaplikasikan oleh mitra dan kontinuitas,” ujar Teguh Kurniawan.

Lebih lanjut dijelaskan oleh Teguh Kurniawan bahwa dalam bidang Kesehatan telah dilaksanakan Penyuluhan Kesehatan melalui Aplikasi Pembuatan Teh Daun Kelor dan Serai guna menurunkan Hipertensi (Darah Tinggi). Ekonomi Kreatif juga melakukan Workshop terkait Inovasi, Branding dan Pemasaran Produk kepada pelaku UMKM sekitar. Tim Desa Binaan USU memberikan bantuan berupa peralatan penunjang bagi pelaku UMKM Ikan Asin.

Sedangkan dalam bidang Pendidikan, Tim Desa Binaan telah melakukan edukasi melalui kegiatan sosialiasasi tentang Pernikahan Dini dan Permasalahan Kepemudaan seperti Kenakalan Remaja dan Narkoba. Tim Desa Binaan juga turut memasang plang desa sebagai penunjuk arah jalan masuk desa dan plang denah desa guna memudahkan warga pendatang dalam hal akses masuk desa.

“Ketiga program tersebut dilakukan dengan pemerintah desa dan mendapat dukungan serta tanggapan yang baik dari warga sekitar,” ungkap Teguh Kurniawan.

Selain itu, dikemukakan oleh Teguh Kurniawan bahwa kegiatan ini juga tercapai berkat adanya kolaborasi dengan unsur mahasiswa yang tergabung dalam tim yang berasal dari berbagai fakultas di Universitas Sumatera Utara.

“Dengan adanya kolaborasi dengan unsur mahasiswa ini juga menjadi pembelajaran baik kepada mahasiswa untuk mengamalkan tri dharma perguruan tinggi yaitu Pengabdian Masyarakat,” ujar Destanul Aulia selaku Koordinator Lapangan Tim Partisipasi Dosen dan Mahasiswa.

Redaktur : Yessica Irene


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

Penelitian dan Pengembangan (LITBANG) BEM FKM USU Sukses Gelar Kegiatan KOMMAS 2024

redaksi

Desas-Desus KKN-T: Benarkah Bisa Dibayar Agar Pindah Lokasi?

redaksi

Mubes Telah Rampung, Akhdan Fadilah Terpilih Menjadi Ketua Umum IMILKOM 2023/2024

redaksi