SUARA USU
Kabar Kampus

Mahasiswa Matematika Adakan Mathematics Science Competition USU 2024

Reporter : Jerri Valdo Sihaloho dan Vimelia Hutapea

Mathematics Science Competition USU 2024 merupakan sebuah kompetisi bergengsi yang diadakan untuk para siswa/i setingkat SMP dan SMA berbakat di bidang matematika. Kompetisi ini juga merupakan program kerja dari Himpunan Mahasiswa Matematika USU. Acara ini diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Matematika dan mempunyai empat tujuan, yaitu : meningkatkan semangat kompetensi para siswa, mengembangkan pengetahuan, meningkatkan mutu pendidikan, dan memperkenalkan adanya kegiatan himpunan yang besar. Kompetisi ini diikuti oleh 165 peserta yang berasal dari Sumatera Utara.

Acara dimulai pada pukul 07.00 – 18.00 WIB di Gelanggang Mahasiswa USU. Para peserta harus menyelesaikan berbagai tantangan dan soal yang mencakup berbagai topik dalam matematika. Setiap soal dirancang untuk menguji kemampuan analitis dan pemahaman konsep mendalam dari para peserta.

Ghani Asbahani Tanjung sebagai Ketua Panitia, Berharap dengan adanya MSC ini, semangat kompetensinya itu meningkat dan semangat untuk belajarnya tidak luntur.

“Dengan tema Mathemagician show : A journey through the wonderland of mathematics, menunjukkan bahwa matematika itu tidak sulit, maksudnya matematika itu bisa dipandang secara menyenangkan, matematika itu bisa menghubungkan berbagai bidang, dan matematika itu tidak membosankan,” ungkap Felika Tambunan selaku koordinator acara.

Setelah melalui proses penilaian yang ketat, akhirnya kompetisi ini dimenangkan oleh Fadhli Fahlevi Muhammad dari Mas Darul Mursyid. Fadhli Fahlevi Muhammad berhasil meraih total nilai 41. “Saya mengikuti kegiatan ini untuk menambah pengalaman dan jika dilihat dari tingkat kesulitan soal, soal tahun lalu lebih sulit dari yang sekarang,” ujar Fadhli. Fadhli juga mengungkapkan kegiatan ini mantap dan luar biasa dan berharap MSC ini berkelanjutan kedepannya.

Acara ditutup dengan upacara penyerahan hadiah yang berlangsung meriah. Para pemenang mendapatkan trofi bergilir dan sertifikat. “Kita memperkenalkan yang namanya USU pada siswa-siswi provinsi Sumatera Utara, dan menjadi wadah bagi HMM juga, menerapkan kepedulian terhadap pendidikan untuk menciptakan kompetisi yang mana untuk menarik minat dan juga memperkenalkan matematika ini tidak semembosankan itu.” Ketua HMJ prodi Matematika, Irsyad, menambahkan harapannya.

Redaktur : Khalda Mahirah Panggabean 


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

Rektor USU beserta Jajarannya Laksanakan Kurban di FISIP USU

redaksi

Hadir di Sidang Terbuka Dies Natalis USU, Ghea Indrawari: Bermimpi Itu Bukan Halu Tapi Berani

redaksi

Hazanasri, Mahasiswi USU Peraih Juara II Tulis Cerpen Tingkat Nasional

redaksi