Suara USU, Medan. Mahasiswa dari Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Sumatera Utara (USU) telah melaksanakan kegiatan magang kelompok yang dilakukan pada 1 Juli hingga 29 Juli 2022 di PT Bank X yang dilakukan di 3 kantor cabang yaitu KCP Medan Johor, KCP Medan Gatot Subroto, dan KCP Medan Katasmo. Adapun mahasiswa dari Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) USU tersebut terdiri dari Angella Felisa, Delicia Ruth, Tasya Nadya, Dewi Anggraini dan Clarine Oktaryani.
Selama melakukan kegiatan magang, kelompok mahasiswa Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis ini mempelajari produk-produk yang dimiliki oleh PT Bank X. Variasi produk PT Bank X yang beragam bertujuan untuk memenuhi kebutuhan dan harapan para nasabah yang beragam. Produk-produk yang dipelajari oleh kelompok mahasiswa ini mulai dari produk tabungan reguler hingga produk e-banking.
Perkembangan teknologi informasi kini telah menyentuh sektor perbankan. Dengan semakin canggih teknologi informasi, perbankan berlomba-lomba untuk memberikan pelayanan secara cepat dan akurat melalui sistem digitalisasi. Salah satunya dengan hadirnya produk e-banking atau aplikasi mobile banking.
Aplikasi mobile banking merupakan salah satu produk dari PT Bank X yang merupakan sebuah apliksi berbasis digital atau online. Aplikasi ini merupakan sebuah saran yang dapat kita gunakan untuk melakukan kegiatan finansial dan transaksi seperti transfer uang, pembayaran untuk kebutuhan sehari-hari seperti listrik, pulsa, belanja online, pajak, tiket pesawat, pengisian dompet digital, pembayaran asuransi, pembukaan tabungan online bahkan sebagai alat penarikan uang tunai dari ATM, sehingga kita tidak perlu lagi menggunakan kartu. Hal ini tentu saja memberikan akses kepada nasabah dalam melakukan kegiatan maupun pengecekan finansial secara real-time.
Para mahasiswa ikut serta dalam mempromosikan produk aplikasi mobile banking kepada nasabah serta calon nasabah PT Bank X. Mulai dari menjelaskan fitur dan manfaat dari aplikasi ini hingga membantu para nasabah untuk melakukan pembukaan tabungan online secara mandiri. Namun, ada beberapa kendala yang dihadapi yang ditemukan oleh mahasiswa yang membuat nasabah mengurungkan niat untuk menggunakan aplikasi mobile banking. Kendala ini berupa syarat pendaftaran yang mengharuskan nasabah untuk memiliki pulsa sehingga beberapa nasabah harus membeli pulsa untuk dapat mendaftar. Selain itu kendala dari perangkat yang dimiliki oleh nasabah tidak mendukung untuk mengunduh aplikasi mobile bangking ini.
Tidak hanya itu, kelompok mahasiswa ini juga ikut serta dalam membantu siswa-siswi penerima beasiswa beasiswa PIP (Program Indonesia Pintar) untuk memeriksa kelengkapan berkas siswa-siswi penerima beasiswa PIP. Setelah memeriksa kelengkapan berkas siswa-siswi, kemudian siswa-siswi penerima PIP akan diarahkan untuk memenuhi administrasi atau data-data yang diperlukan oleh PT Bank X. Terdapat juga beberapa kendala yang ditemukan melakukan pengurusan dan pemeriksaan PIP ini, seperti ketidaksesuaian nama yang terdaftar dalam sistem dan nama yang telah terkumpul dalam wadah PIP di kantor.
Redaktur: Yessica Irene
Discover more from SUARA USU
Subscribe to get the latest posts to your email.