Pembaruan Langsung Kasus COVID-19
SUARA USU
Kabar Kampus

Mahasiswa USU Berhasil Membuat Inovasi Produk Sehat pada Program Kreativitas Mahasiswa

Oleh : Redaksi

Suara USU, MEDAN. Mahasiswa Universitas Sumatera Utara berhasil membuat peluang usaha melalui Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) dengan memanfaatkan bahan Organik dari Limbah Kulit Kacang Tanah dan Bawang Batak. Kelima inisiator dipimpin ini oleh Tabas Gabe Mulia Siagian yang beranggotakan Agresia Rettha, Adilla Syafira, Alvina Ayu Mumtazah, Bella Santika Sinaga, dan dibimbing oleh Dr. Martha Rianna, S.Si.

Terinspirasi membuat Mie Gomak Sehat, dikarenakan masyarakat saat ini menjadikan makanan siap saji sebagai cara alternatif untuk memenuhi kebutuhan pangan sehari-hari. Seperti halnya mie instan, namun mengonsumsi mie instan secara berlebihan dapat memicu penyakit terutama pada pencernaan.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut, mahasiswa penerima pendanaan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Universitas Sumatera Utara membuat inovasi produk Mie Gomak Sehat Berbahan Organik dari Limbah Kulit Kacang Tanah dan Bawang Batak dengan Cita Rasa Lokal yang memiliki kandungan atau komposisi dari kulit kacang tanah, yang terdiri dari protein, lemak, lignin, selulosa, karbohidrat, kalsium, fosfor, dan abu yang berguna untuk kesehatan mata, mencegah penuaan dini, sumber vitamin K, membantu proses diet, menetralisir racun, mengatasi sembelit, dan dapat mencegah kanker.

Produk Inovasi PKM Mahasiswa USU
Inovasi Produk PKM Mahasiswa USU
Inovasi Prouduk PKM Mahasiswa USU
Inovasi Produk PKM Mahasiswa USU

Tabas mengungkapkan, bahwa produk ini merupakan produk unggulan karya anak dalam negeri, sebagai solusi untuk membuka lapangan kerja.

“Harapan dengan adanya produk inovasi ini terciptalah suatu produk unggulan karya anak dalam negeri yang dapat membuka lapangan pekerjaan baru, mengolah limbah kulit kacang tanah, dan mengoptimalkan potensi lokal Sumatera Utara di masa pandemi Covid-19.”

Situasi Covid-19 saat ini tidak menjadi penghalang dalam menciptakan karya dan inovasi kreatif demi kemajuan bangsa dan negara, agar dapat menyaingi skala internasional. Kemajuan teknologi dapat mempermudah melakukan kegiatan, terutama berinovasi dari mana saja dan kapan saja.

Redaktur : Wiranto Asruri Siregar

 

Related posts

Jalur SBMPTN USU Terima 3080 Calon Mahasiswa Baru dan Meraih Peringkat 9 Peminat Terbanyak Nasional

suarausu

IMIKS USU Adakan Webinar “Mengenal Kesejahteraan Sosial dan Strategi Jitu dalam Menghadapi Peluang dan Tatanan Dunia Kerja di Era Industri 4.0”

redaksi

Kasus Kematian Munir, 17 Tahun Tanpa Keadilan

redaksi