SUARA USU
Kabar Kampus

USU Society for Debating (USD) Buka Pendaftaran Anggota Baru

Oleh: Windy Lubis

Suara USU, Medan. USU Society for Debating (USD) sedang melakukan open recruitment dalam rangka pembentukan kepengurusan 2021/2022. Pendaftaran ini sudah dimulai pada (25/08) dan akan berakhir sampai tanggal (03/09).

Adapun syarat untuk dapat bergabung di USD, yaitu:

  1. Mempunyai basic dalam bahasa ingggris
  2. Mempunyai rasa ingin mau belajar yang besar

Untuk sistem penilaiannya adalah mulai dari screening essay, screening trial yang dilakukan sebanyak 2 kali hingga interview. “Kami juga akan melihat bukan hanya bagaimana mereka cerdas secara akademik, tapi bagaimana mereka ingin bener-bener belajar,” jelas Eka.

Eka Sari selaku ketua panitia oprec USD mengingatkan, “jadi untuk teman-teman yang ingin mendaftar USD, jangan insecure, kalau ga perna debat sama sekali, karena penilaiannya itu engga semua murni karena pernah debat atau tidak, tapi kami lihat perkembangnya disetiap seleksinya.”

Pada open recruitment tahun ini hanya dibutuhkan 30-40 orang. Eka Sari juga menyatakan ada 5 divisi yang ada pada USD, meliputi: training & preparation, membership, publication & documentation, research & development, equipment & logistics.

Eka Sari berharap untuk teman teman yang ingin bergabung di USD adalah mempunyai rasa komitmen yang tinggi, “bukan melihat bagaimana dia pintar dari awal, tapi bagaimana mereka ingin belajar”.

“Untuk temen temen, percaya aja sama diri sendiri. Hal yang perlu kalian buktikan adalah kalian pantas menjadi bagian USD karena komit untuk belajar. Walaupun punya starting point yang berbeda dari orang yang mungkin sudah punya basic bahasa inggris yang bagus atau punya talent debat yang bagus bukan berarti tidak bisa sama seperti mereka. Kuncinya adalah belajar dan konsistensi. Jadi untuk temen-temen jangan pernah merasa minder, kami percaya kalau bener bener komit, berarti berani masuk USD dan berani membuktikan diri,” tutup Eka Sari.

Redaktur: Yessica Irene

 

 

 

Related posts

Pupuk Kreativitas di Tengah Pandemi, PEMA FKM USU Adakan COVID

redaksi

Olimpiade Sosiologi 2020: Dari Penundaan Hingga Panjat Pohon Saat Ujian

redaksi

Dampak Covid-19, USU Terapkan Kebijakan Bekerja dari Rumah

redaksi