SUARA USU
Kabar Kampus

Mahasiswa USU Panen Juara di Gelaran Ramadhan Fest UNIMED

Oleh: Atika Larasati

Suara USU, MEDAN. Ramadhan Fest UNIMED merupakan acara tahunan yang
dilaksanakan oleh Lembaga Dakwah Kampus Ar-Rahman Universitas Negeri Medan selama bulan Ramadhan. Untuk tahun ini, acara berlangsung secara daring karena pandemi.

Acara telah berlangsung, mulai dari tanggal 24 April-8 Mei 2021, dengan beberapa rangkaian acara. Dimulai dari open donasi tanggal 22-30 April 2021, disusul perlombaan tanggal 24 April, Ngabuburit #1 tanggal 30 April, bagi takjil dan buka bersama tanggal 1 Mei, dan Ngabuburit #2 tanggal 7 Mei. Kemudian acara ditutup dengan Acara Puncak Ramadhan Fest pada tanggal 8 Mei.

Dari beberapa rangkaian acara, perlombaanlah yang menarik perhatian mahasiswa USU. Layaknya memborong, mahasiswa USU berhasil menyabet juara di hampir semua bidang perlombaan. Mulai dari lomba poster, cover lagu islami, video kreatif, dan podcast.

Salah satunya ialah Muhammad Alwi Nurfauzan. Mahasiswa Administrasi Perpajakan ini berhasil mendapat juara 2 pada lomba video kreatif.

Alwi mengaku mendapatkan pengalaman yang berharga serta kebebasan untuk mengembangkan potensi diri selama mengikuti acara ini. Ramadhan Fest menjadi wadah kreativitas untuknya menjadi lebih produktif di ruang gerak yang semakin sempit. Terlebih sejak tuntutan yang mengharuskan melakukan segala hal dari rumah akibat dari pandemi.

Alwi memaparkan manfaat yang didapatkan saat mengikuti acara tahunan ini, yaitu melatih soft skill dan merealisasikan skill yang ia miliki.

“Untuk manfaat, tentunya melatih soft skill yang saya punya karena dunia kerja membutuhkan keseimbangan yang baik antara hard skill dan soft skill. Saat ini, saya sedang gemar membuat dan mengedit video. Tentu dengan Ramadhan Fest, mampu menjadi wadah aplikasi buat saya merealisasikan apa yang sedang saya geluti di luar mata kuliah yang saya pelajari.”

Terkait proses pembuatan video, mahasiswa USU stambuk 2019 ini mengaku cukup menyenangkan karena mendapat bantuan dan dukungan penuh dari orang tua. Proses pembuatan video pun cukup mudah, memerlukan waktu tiga hari untuk merekam dan mengedit video.

Kepada awak Suara USU, Alwi juga membagikan harapannya untuk Ramadhan Fest UNIMED di tahun berikutnya. Harapannya, yaitu acara ini tetap konsisten setiap tahun, selalu menebar manfaat, dan menjadi wadah kreativitas. Adapun yang menurutnya harus ditingkatkan ialah pada pengemasan dari lomba.

“Semoga event ini selalu diadakan setiap tahun tanpa absen. Juga selalu menebar
kebermanfaatan bagi banyak orang dan selalu menjadi wadah bagi banyak mahasiswa untuk menyalurkan kreativitasnya. Saya rasa yang perlu ditingkatkan itu mungkin cara pengemasan lomba, tapi secara keseluruhan lomba ini sudah lumayan bagus. Branding dan broadcasting nya pun juga sudah bagus.”

Alwi juga membagikan beberapa kata yang cukup memotivasi anak muda sebayanya, yaitu untuk tetap produktif di masa pandemi ini. Jangan jadikan pandemi sebagai alasan untuk berhenti berkreasi, justru menjadikan ini sebagai tantangan untuk mengasah kreativitas dan skill.

Redaktur : Wiranto Asruri Siregar

Related posts

IMAPET Berbagi, Peduli Masyarakat Darurat COVID-19

redaksi

HMM FEB USU Resmi Melantik 65 Orang di Kepengurusan Baru

redaksi

Ketua Umum Baru IMA FT USU Berharap Anggota Semakin Bersinergi

redaksi