Pembaruan Langsung Kasus COVID-19
SUARA USU
Life Style

5 Cara Supaya Uang THR Tidak Cepat Ludes

Oleh : Fitri Dian Jannah

Suara USU, MEDAN. Halo kawan-kawan USU!. Dapat uang THR kan hasil dari berkeliling ke rumah sanak saudara?. THR atau Tunjangan Hari Raya biasa didapatkan oleh anak-anak hingga remaja yang masih bersekolah ketika mereka berkunjung ke rumah saudaranya. THR biasanya diberikan
oleh om, tante, nenek ataupun kakek.

Momen paling asik itu ketika menghitung jumlah uang THR yang didapat, betul kan?. Tapi, temen-temen sering heran gak sih? Kok THR kita suka tiba-tiba udah abis aja? Rasanya baru dapat kemarin. Nah, Suara USU punya beberapa cara yang manjur agar THR kalian tidak cepat habis, yuk cek it out!.

1. Buat daftar kebutuhan

Pertama kita buat daftar barang-barang yang dibutuhkan. Ingat ya, yang dibutuhkan bukan yang diinginkan. Barang-barang yang masuk daftar ini haruslah menjadi prioritas utama alias barang urgent. Supaya tidak kebablasan ketika belanja, tentukan dulu anggaran biaya untuk keperluan belanja, misalnya 50% dari total THR kamu.

Source: Qminder

2. Sedekah

Tips satu ini merupakan cara paling manjur buat melipat gandakan rezeki kita lho!. Sisihkan sedikit uang THR kamu untuk bersedekah, hasilnya tidak langsung didapat, tetapi pasti akan ada balasan yang berlipat kalau kita ikhlas. Berbagi dengan sesama itu menyenangkan bukan?.

Source: 99.co

3. Menabung

Uang THR yang didapat dari om dan tante bisa ditabung di celengan atau di bank. Sisihkan 10-30% uang THR kamu untuk ditabung. Selain diisi dengan uang THR, hari-hari selanjutnya celengan tersebut bisa diisi secara rutin dan gak kerasa tiba-tiba udah penuh saja lho!. Setelah dapat THR, segera pisahkan ya uang yang untuk ditabung, supaya tidak kelupaan.

Source: Finansial bisnis.com

4. Simpan untuk kebutuhan mendadak

Temen-temen pasti pernah kan tiba-tiba harus ngeluarin uang secara mendadak dan tingkat urgensinya tinggi, apalagi anak kos. Agar tidak kalang kabut mencari uang, lebih baik disediakan dari jauh-jauh hari. Uang THR kita bisa banget nih disisihkan untuk keperluan mendadak. Sehingga uang tabungan atau uang bulanan kita tidak terganggu.

Source: E-mas – Aplikasi e-mas

5. Investasi

Nah, kalau ini selain bisa menyimpan atau menjaga uang THR tidak cepat habis, bisa juga untuk mendapatkan keuntungan. Tapi sebelum berinvestasi, kamu harus tahu dulu cara berinvestasi dan memilih instrumen investasi yang tepat dan mendapatkan keuntungan serta bermanfaat untuk diri
sendiri.

Source: portonews.com

Itu dia beberapa tips sederhana dari Suara USU agar THR kalian tidak cepat habis. Yuk segera diikuti tips tersebut sebelum THR kalian ludes!. Semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk temen-temen yaa!.

Bonus tips: simpan uang THR kamu dalam amplop dan letakkan di tempat yang jauh dari pandangan mata atau tempat yang kamu tidak familier, supaya tidak mudah tangan ini menggapai uang THR nya.

Redaktur : Wiranto Asruri Siregar

Related posts

Kecanduan Dengan Smartphone, Bahaya Loh!

redaksi

5 Penyakit Langganan Anak Kost dan Solusinya!

redaksi

Rebahan Produktif: Ditengah Himbauan Di Rumah Aja

redaksi