Reporter: Wildatul/Jenni/Diva
Suara USU, Medan. Himpunan Mahasiswa Manajemen (HMM) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sumatera Utara (FEB USU) sukses menyelenggarakan acara Bazar Marketpreneur 2024. Acara ini berlangsung selama tiga hari, dari tanggal 6 hingga 8 November 2024, di parkiran FEB USU dengan rangkaian kegiatan yang menarik minat banyak pengunjung, khususnya mahasiswa.
Event marketpreneur yang berlangsung selama tiga hari ini menargetkan wirausahawan dan mahasiswa USU dalam pelaksanaannya. Marketpreneur ini memiliki konsep yang sedikit berbeda dari event bazar umumnya karena memiliki rangkaian acara selama bazar berlangsung, seperti talk show, mini game, lomba karaoke, lucky draw, penampilan band musik, dan lomba fashion show.
Bazar Marketpreneur 2024 mengusung tema ‘Monsoon Blossom’ yang menggambarkan semangat tumbuh dan berkembang dari tantangan wirausaha dengan inovasi dan potensi para wirausahawan. Acara ini turut diramaikan oleh 80 tenant yang terdiri dari UMKM dan usaha mahasiswa, yang menampilkan berbagai produk kreatif dan inovatif.
Acara dibuka dengan penuh kemeriahan dan sentuhan budaya khas, dimulai dengan tari etnis nusantara yang dilanjutkan dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya. Momen pembukaan semakin terasa istimewa dengan alunan Gordang, alat musik tradisional khas Mandailing.
“Acara nya sukses sih menurut aku, karena selama 3 hari ini datang bener-bener ramai pengunjung dan tenant bazar nya juga banyak banget beragam gitu untuk makanan dan minuman nya, dan makin semangat juga soalnya ada Kak Gem,” ungkap Viona sebagai salah satu pengunjung acara Marketpreneur.
Tema yang diangkat dalam event marketpreneur ialah ‘Moonsoon Blossom’, memilih kata moonson dikarenakan bazar berlangsung selama musim hujan, dan blossom artinya mekar, sehingga ditengah badai hujan para enterpreneur tetap bisa tumbuh mekar
Acara ini terbuka untuk umum ini berjumlah delapan puluh tenant bazar serta memiliki produk yang sangat beragam yakni makanan, minuman, aksesoris, motor, paket internet, skincare dan make up. Tidak hanya bazar, event marketpreneur ini juga terdapat seminar oleh Bank Indonesia dan beauty class.
Puncak keramaian terjadi pada hari kedua, ketika bazar dipenuhi oleh pengunjung yang antusias. Kehadiran bintang tamu Kak Gem berhasil menarik banyak pengunjung yang menikmati penampilannya. Selain hiburan, talkshow inspiratif dari Bank Sumut dan HIPMI menjadi salah satu agenda penting. Talkshow ini mengangkat topik ‘Pengembangan UMKM’, memberikan wawasan kepada para peserta tentang pentingnya mengelola usaha dengan strategi yang tepat, terutama bagi wirausahawan muda dan pelaku UMKM yang ingin berkembang di tengah persaingan pasar.
Disamping talkshow, berbagai perlombaan dan mini games turut meramaikan suasana bazar. Lomba makan pedas, karaoke, serta mini games mengundang gelak tawa dan keseruan dari para peserta. Pengunjung juga bisa mengikuti beauty class yang memberikan tips kecantikan praktis, serta fashion show yang menampilkan tren busana modern.
Selama tiga hari, bazar ini menyuguhkan berbagai kegiatan yang penuh keceriaan dan semangat. Pengunjung juga berkesempatan memenangkan berbagai hadiah menarik melalui undian Lucky Draw. Bazar Marketpreneur 2024 menjadi ajang bagi mahasiswa untuk mengasah keterampilan kewirausahaan sekaligus menghadirkan hiburan yang beragam bagi para pengunjung.
Dengan diadakannya acara yang diberi nama marketpreneur 2024 ini, diharapkan mahasiswa/i Program Studi Manajemen FEB USU mulai mengalihkan pandangannya pada bidang Entrepreneurship sebagai bidang pilihan profesi yang kreatif dan inovatif. Selain itu, juga dapat menjadi wadah bagi wirausahawan untuk mengembangkan bisnis nya, bagi para mahasiswa yang berkunjung dapat menikmati produk bazar serta rangkaian kegiatan
Redaktur: Khalda Mahirah Panggabean
Discover more from SUARA USU
Subscribe to get the latest posts to your email.