SUARA USU
Life Style

Masa Pertumbuhan, Jangan Habiskan Energi di Organisasi yang Toxic!

Sumber Foto: Freepik

 

Oleh: Siti Annisa

“Jangan membuang waktu di masa bertumbuh”

Suara USU, Medan. Selama periode pertumbuhan dalam hidup, sangat penting bagi seseorang untuk memanfaatkan waktu dengan bijak dan produktif. Setiap orang perlu menekankan pentingnya memanfaatkan peluang, belajar, dan berkembang di masa muda.

Masa pertumbuhan merupakan waktu di mana seseorang dapat meraih banyak pengalaman, belajar keterampilan baru, menjalani pendidikan, dan mengembangkan pondasi untuk masa depan. Nah, dalam hal ini dibutuhkan sebuah organisasi yang dapat menjadi tempat untuk mendukung, memotivasi, dan menginspirasi mahasiswa untuk tumbuh dan berkembang.

Namun, mahasiswa diharapkan tidak salah memilih organisasi karena bukannya memberikan dampak positif, organisasi yang salah dapat memberikan dampak yang tidak baik bagi perkembangan mahasiswa. Beberapa hal di bawah ini merupakan contoh organisasi yang toxic sehingga perlu dihindari.

 

1. Terikat dan harus taat aturan kepada alumni

Sering sekali beberapa alumni yang sudah tidak memiliki andil dalam urusan keorganisasian masih mengatur para anggota aktifnya. Ternyata, hal ini dapat memberikan dampak yang buruk jika terus-terusan berlangsung. Kondisi internal organisasi tidak dapat berinovasi dan berkembang dalam melaksanakan program kerja. Khawatirnya, para anggota akan terus stuck pada pola pikir yang sama dan kuno.

 

2. Doktrin prioritas organisasi yang berlebihan

Beberapa organisasi mengharuskan anggotanya memprioritaskan segala kegiatan yang dilaksanakan oleh organisasi. Tak jarang mereka mengajarkan bahwa kegiatan organisasi berada di atas kegiatan lainnya termasuk akademik perkuliahan. Hal ini dapat membuat tanggung jawab mahasiswa terhadap studinya menjadi terhambat.

 

3. Politisasi internal organisasi

Ketika memasuki organisasi, setiap mahasiswa sudah memiliki minat dan bakat masing-masing. Namun bukannya dibantu untuk berkembang, beberapa organisasi malah memanfaatkan anggotanya untuk kepentingan politik kampus. Hal itu tentu saja tidak benar karena adanya maksud tertentu yang menguntungkan satu pihak.

 

Perlu diingat bahwa setiap manusia memiliki potensi diri untuk berkembang sesuai dengan kemampuan masing-masing. Lebih baik tidak menyia-nyiakan peluang dalam fase ini, karena waktu yang berlalu tidak dapat dikembalikan.

Manfaatkan waktu yang ada untuk tumbuh dan berkembang sehingga dapat mencapai potensi penuh dalam kehidupan. Jadi, jangan sampai salah pilih organisasi ya Sobat Suara USU!

 

Redaktur: Anggie Syahdina Fitri


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

5 Penyakit Langganan Anak Kost dan Solusinya!

redaksi

Yuk, Bedakan Gaya Hidup dan Kebutuhan Hidup!

redaksi

Tidak Selalu Negatif, Kenali Jenis-Jenis Stres Berikut!

redaksi