SUARA USU
Kabar Kampus

Memasuki Masa Kampanye, Ini Dia Para Paslon Pemira Fakultas Psikologi

Oleh : Syarifah Hanum dan Anna Fauziah Pane

Suara USU, Medan. Pesta demokrasi Fakultas Psikologi memasuki puncaknya. Sesuai timeline yang ada, Pemilihan Raya (pemira) Fakultas Psikologi kini tengah berada pada masa kampanye. Dilansir dari laman Instagram KPU Fakultas Psikologi Universitas Sumatera Utara, Pemilihan Raya Fakultas Psikologi 2022 akan dilaksanakan pada 7 Maret mendatang. 

Terdapat 3 KAM (Kelompok Aspirasi Mahasiswa) yang terverifikasi dalam pemira kali ini, yaitu KAM Netral, KAM Kejora, dan KAM Rabbani. Sedangkan paslon yang terverifikasi ada 2, yaitu paslon 1 Ahmad Maulana Surbakti & M. Suriya Pratama dan paslon 2 Muhammad Dava Farhan & Ivana Putri. 

Visi dari paslon 1 adalah terwujudnya pemerintahan mahasiswa Fakultas Psikologi USU yang beradab, kreatif, inovatif, kompetitif untuk memaksimalkan potensi mahasiswa agar dapat berpartisipasi aktif dalam masyarakat. 

Misi dari paslon 1 memiliki tujuh poin. Pertama, membangun PEMA Fakultas Psikologi USU yang profesional serta mengedepankan asas kekeluargaan dalam menyelesaikan persoalan internal. Kedua, mewadahi aspirasi mahasiswa Fakultas Psikologi USU agar terciptanya iklim yang harmonis. Ketiga, mewadahi pengembangan minat dan bakat, wawasan, serta karakter mahasiswa agar mampu berkarya dan berkompetisi. Keempat, menanggapi secara responsif permasalahan terkini yang tengah terjadi di masyarakat. Kelima, menjadi promotor isu kesehatan mental di lingkup universitas dan masyarakat. Keenam, menjalin hubungan dengan unit kegiatan mahasiswa internal Fakultas Psikologi USU. Serta yang terakhir membangun kolaborasi dengan elemen di luar Fakultas Psikologi USU demi kebermanfaatan yang lebih luas.

Adapun visi dari paslon 2 adalah membangun pemerintahan mahasiswa Fakultas Psikologi USU sebagai wadah aspirasi yang inklusi, adaptif, dan progresif guna mengembangkan potensi mahasiswa dalam berakademik, bersosial dan bermasyarakat.

Paslon 2 memiliki enam poin sebagai misinya. Pertama, mewadahi dan menyalurkan aspirasi, kritik dan saran mahasiswa untuk meningkatkan keharmonisan civitas akademika Psikologi USU. Kedua, optimalisasi peran mahasiswa dalam mengkaji isu dengan menumbuhkan kepekaan, kemampuan berpikir kritis, dan rasa empati terhadap perubahan serta kebutuhan masyarakat. Ketiga, menyediakan pelatihan softskill maupun hardskill guna memaksimalkan potensi dan prestasi mahasiswa. Keempat, menyalurkan minat dan bakat mahasiswa dalam organisasi dan kegiatan kemahasiswaan sesuai kemampuan tiap individu. Kelima, merangkul keberagaman dan menumbuhkan sinergitas antar mahasiswa guna mewujudkan rasa kebersamaan dan kekeluargaan seluruh civitas akademika Psikologi USU. Keenam, melakukan kolaborasi dengan pihak internal maupun eksternal dalam upaya meningkatkan keterlibatan mahasiswa di tengah masyarakat.

“Persiapan dari KPU sendiri sudah cukup matang, hanya saja memang banyak perubahan planning. Karena awalnya kami akan melakukan beberapa agenda dari timeline tersebut secara hybrid, hanya saja memang kondisi belum bisa kita pastikan jadi cukup banyak perubahan dari planning awal. Jadi full semuanya online.” Terang Anggi selaku ketua KPU ketika diwawancarai via WhatsApp.

Anggi berharap paslon yang terpilih nantinya bisa amanah dan berkomitmen dengan apa sudah disampaikan ketika kampanye. Serta sukses dan terus semangat untuk paslon yang terpilih maupun tidak terpilih.

Redaktur : Fitri Dian Jannah


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

Gencarnya Persiapan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) di Lingkungan Kampus Universitas Sumatera Utara

redaksi

Inspiratif, PEMA FISIP USU Adakan Kegiatan Bersih-Bersih Musholla!

redaksi

GMKI FISIP USU Adakan Ibadah Paskah Bertemakan Tak Terpisahkan dari Kasih Allah

redaksi