Pembaruan Langsung Kasus COVID-19
SUARA USU
Kabar Kampus

Memperingati Hari Pendidikan Nasional, IMF Gelar Sosialisasi Kompetensi Nasional dan Internasional

Oleh: Sonya Simamora

Suara USU, Medan. Dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional pada 2 Mei lalu, IMF(Ikatan Mahasiswa Fisika) USU menggelar webinar dengan tema Sosialisasi Kompetensi Nasional dan Internasional.  Webinar ini diselenggarakan dengan tujuan meninjau pendidikan di Indonesia yang belum bisa bersaing secara internasional. IMF  memberikan sosialisasi kepada mahasiswa/i fisika yang dihadiri 102 peserta melalui via zoom  yang berlangsung kondusif pada (03/5).

Pelaksanaan webinar ini dibuka oleh Perdinan Sinuhaji selaku dosen Departemen  Fisika. Perdinan menyampaikan  sepatah dua kata harapnya kepada mahasiswa/I USU terkhusus  jurusan Fisika untuk bisa meningkatkan kualitas pendidikan melalui kompetisi karya-karya baik tingkat nasional maupun internasional.

“Kalo bisa tak hanya sampai sosialisasi, tolong nanti diteruskan ke pelatihan pertandingan nasional maupun internasional,” ungkap Perdinan

Pada webinar kali ini menghadirkan pemateri  mahasiswi Fisika stambuk 2017, Wina Rahmadani Rangkuti yang memiliki prestasi secara nasional. Mahasiswi peserta ONMIPA ini mengambil sub tema  You Are Doing A New. Di akhir materi, Wina menyampaikan  harapannya supaya setiap pribadi bisa membawa dirinya ke arah yang lebih baik tanpa menunggu dukungan orang lain untuk  bergerak, “ berkaca dan upgrade dirimu sendiri,” tuturnya

Rika Rahmayanti dan Lisa Shara sebagai pemateri 2 dan 3 menceritakan pengalaman mereka saat mengikuti Perlombaan PIMNAS dan LKTI, mereka berdua mengaku bahwa telah mendapat banyak manfaat ketika mengikuti perlombaan tersebut.

“Jika udah lulus proposal dari Birek otomatis uang dana pribadi kita udah kembali nih. Dan apabila kita menang kita dapat hadiah lagi dari penyelenggara,” ujar Lisa, “ Sistem lomba itu begitu, kita harus berani memulai dan jika kita menang, kita akan pasti tertarik ikut  lomba, lagi dan lagi hingga makin banyak prestasi yang kita raih,” tambahnya

Diakhir acara webinar, ditutup oleh Andika pratama sebagai alumni Fisika 2015.  Andika sendiri merupakan alumni yang memiliki segudang prestasi  baik secara nasional maupun internasional.  Prestasi yang  telah di raih diantaranya The 3rd winer of Hydrocarbon Refrigerant For Long  Term  Solusition in Cooling System, PT. pertamina  (2018), Runner-Up of Tokyo-Teach Indonesia Commitment Award in Tokyo Japan (2017), Gold Medal of India Internasional Innovation Fair in Viskhapatnam, India (2017), Gold Medal of Sillicon Valley International Invention Festifal in California, USA (2018)

Dalam sesi ini, Andi menyampaikan hal penting yang harus diperhatikan bagi mahasiswa/i yang ingin melangkah ke luar negeri untuk melanjutkan pendidikan. Yang pertama tentukan bidang studi, kemudian tentukan tempat tujuan, setelah yakin dengan bidang studi dan tempat tujuan mulai persiapkan berkas yang dibutuhkan, dan terakhir yaitu siapkan mental juang untuk melangkah ke luar negeri demi menimba ilmu.

Tentunya tak mudah untuk mendapatkan beasiswa terkhusus beasiswa ke luar negeri. Pada webinar ini Andika membagikan tips kepada mahasiswa/i yang memiliki  mimpi untuk  belajar ke luar negeri. Beberapa diantaranya:

  1. Jemputlah bola. Ketika kesempatan itu datang jemputlah
  2. Siapkan prestasi penunjang. Tulis kontribusi kamu untuk masyarakat maupun ke negara
  3. Sebisa mungkin ikut seminar pendidikan pertukaran pelajar.
  4. Pelajari latar belakang beasiswa tersebut.

Di penghujung acara, Andika menyampaikan bahwa mahasiswa/i jangan harus berani untuk mengejar mimpi-mimpi, “Jangan stagnan, terus melangkah. Jangan berhenti di langkah kita yang sekarang,” tutupnya.

Redaktur: Yessica Irene

Related posts

Balai Bahasa Sumut Mantapkan Bahasa Indonesia di Media Kampus

suarausu

Baru Dibuka, Ini Akreditasi dan Persiapan Jurusan Kewirausahaan!

redaksi

USU Perpanjang Lockdown, Mahasiswa Akhir Merana

redaksi