SUARA USU
Kabar Kampus

Mengangkat Tema Persaingan Usaha, Study Visit BLS FH USU ke KPPU Kanwil I Sumut Harapkan Pemahaman Mendalam mengenai Persaingan Usaha di Kalangan Mahasiswa

Oleh: Yesi Ansari/Yessica Irene

Suara USU, Medan. Business Law Society FH USU mengadakan kunjungan studi ke KPPU (Komisi Pengawasan Persaingan Usaha) FH USU pada (19/07) berlokasi di Jl. Gatot Subroto No.148, Petisah Tengah, Kec. Medan Petisah, Kota Medan.

Kunjungan ke KPPU ini merupakan program kerja dari BLS FH USU yang bertujuan untuk menjalin kerja sama antar anggota eksternal BLS FH USU dengan pihak luar pada bidang yang sama yaitu hukum bisnis dan ekonomi yang dapat meningkatkan skill, pengalaman, kemampuan dan pemahaman mengenai persaingan usaha secara baik dan benar.

Dengan mengangkat tema “Menciptakan Persaingan Usaha yang Sehat di Sumatera Utara”, dalam diskusi yang dilaksanakan, Ridho Pamungkas selaku Kepala Kanwil I KPPU banyak menyampaikan materi mengenai persaingan usaha, khususnya membahas mengenai pekerjaan yang dilakukan KPPU dalam mengawasi persaingan usaha khususnya di wilayah I Sumatera.

Bukan saja mengenai tugas KPPU dalam mengawasi persaingan usaha, namun setiap bidang yang terdapat di KPPU diperkenalkan kepada mahasiswa, bagaimana setiap bidang  dapat berkolaborasi untuk menjalankan tugas utama.

Dalam diskusi, ada satu pembahasan yang menarik mengenai apa sebenarnya yang terjadi dalam kasus harga minyak goreng naik. Dalam penjelasannya, Ridho Pamungkas menjelaskan akar permasalahan serta penyebab dari kenaikan harga minyak goreng tersebut, kemudian juga mengungkapkan hasil kajian yang diperoleh dari KPPU itu sendiri.
“Materi mengenai persaingan usaha belakangan ini merupakan topik yang sangat menarik untuk dibahas, apalagi banyak perusahaan yang mencari orang yang ahli dalam hal persaingan usaha, jadi harapannya dalam study visit kali ini hubungan kita dengan pihak KPPU tidak terputus. Kalau adik-adik nanti mau menyusun skripsi, magang atau penelitian diperbolehkan untuk kembali dan diskusi ke KPPU,” ungkap Dr. Robert, S.H, M.Hum selaku dosen pembimbing BLS FH USU.

Tidak hanya banyak membahas mengenai persaingan usaha dan budaya kerja di KPPU, dalam study visit kali ini juga pihak KPPU mengajak mahasiswa untuk melihat isi kantor KPPU dan menjelaskan setiap ruangan yang terdapat di kantor Kanwil I KPPU Medan.

George Jan Saragih, selaku Manager of External Affairs BLS FH USU mengungkapkan kunjungan studi ke KPPU ini menjadi awal baru dari kerjasama yang menarik. Dengan adanya pertukaran ide dan pendapat dari pihak KPPU dan mahasiswa FH USU maka dapat menambah pengetahuan serta pengalaman yang lebih berguna untuk diterapkan di dunia nyata.

BLS FH USU, sebagai UKM yang berfokus pada hukum bisnis, menyadari bahwa konflik persaingan usaha dalam situasi perdagangan Indonesia masih marak terjadi. Hal tersebut sering diakibatkan adanya oknum kartel yang masih marak aktif.
“Peran KPPU dalam menanggapi isu persaingan usaha yang terjadi dewasa ini, menjadi tantangan besar bagi lembaga negara tersebut untuk dapat melawan rintangan yang ada, demi meminimalisir terjadinya monopoli dan persaingan usaha yang tidak sehat. Tentunya kerjasama yang baik ini, tidak berhenti sampai disitu, melainkan akan terus terjalin hubungan yang harmonis antara mahasiswa dan KPPU,” ungkap George.

Kegiatan study visit kemudian ditutup dengan pemeberian cendera mata dan dokumentasi foto bersama.
“Kami merasa senang mendapat kunjungan dari adik-adik mahasiswa FH USU, jika adik-adik memiliki pertanyaan, ingin melakukan diskusi, serta membutuhkan data untuk penelitian silahkan datang saja ke kantor KPPU Kanwil I kami sangat terbuka untuk kalian, semoga silahturahmi kita tidak berhenti sampai disini saja,” tutup Ridho Pamungkas.

Redaktur : Harsimren Kaur


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

PEMKO Medan Berhasil Adakan Program Mudik Gratis!

redaksi

Praktikum Tetap ada Selama Lockdown, Bagaimana Nasib Mahasiswa perantauan ?

redaksi

Rizki Wakili USU di Munas BEM SI XIV Versi 132 Universitas

redaksi