SUARA USU
Tempat

Mengenal Keindahan Danau Lau Kawar, Surga Tersembunyi di Sumatera Utara

Oleh: Yulia Tarigan

Suara USU, Medan. Danau Lau Kawar, Desa Kutagugung, Kecamatan Naman Teran, Kabupaten Karo, Sumatera Utara, Indonesia. Terletak di kaki Gunung Sinabung, Sumatera Utara, Danau Lau Kawar merupakan salah satu destinasi wisata alam yang menawarkan pesona yang tiada duanya. Tempat ini, yang masih jarang dijamah wisatawan, menyimpan keindahan alami dan ketenangan yang memikat siapa saja yang berkunjung. Bagi pecinta alam dan petualang, Danau Lau Kawar adalah surga tersembunyi yang wajib dijelajahi.

Danau Lau Kawar dikenal dengan airnya yang jernih dan tenang, memantulkan bayangan pegunungan dan pepohonan di sekitarnya. Danau ini dikelilingi oleh hutan lebat yang kaya akan flora dan fauna, memberikan suasana yang sejuk dan menyegarkan. Keheningan dan keasrian tempat ini menjadikannya tempat yang ideal untuk melepaskan diri dari hiruk-pikuk kehidupan kota.

Berikut berbagai aktivitas seru yang dapat dilakukan di Danau Lau Kawar:

  1. Berkemah di Tepi Danau

Salah satu daya tarik utama Danau Lau Kawar adalah aktivitas berkemah. Dengan area camping yang luas dan pemandangan yang menakjubkan, bermalam di tepi danau adalah pengalaman yang tak terlupakan. Bangun pagi dengan pemandangan matahari terbit di balik Gunung Sinabung adalah momen magis yang sulit ditemukan di tempat lain.

  1. Memancing dan Berperahu

Danau Lau Kawar juga menawarkan kegiatan memancing bagi pengunjung yang ingin bersantai. Menyewa perahu untuk berkeliling danau sambil menikmati ketenangan air dan keindahan alam sekitarnya adalah cara yang sempurna untuk menghabiskan hari yang tenang dan damai.

Danau Lau Kawar dan sekitarnya adalah rumah bagi berbagai jenis flora dan fauna. Hutan di sekitar danau dihuni oleh berbagai spesies burung, serangga, dan hewan-hewan kecil lainnya. Keanekaragaman hayati ini membuat kawasan ini menjadi tempat yang menarik bagi para pengamat burung dan pecinta alam.

Penduduk lokal yang tinggal di sekitar Danau Lau Kawar adalah masyarakat Karo yang ramah dan penuh keramahan. Mereka sering kali menyambut pengunjung dengan senyum hangat dan cerita-cerita menarik tentang budaya dan tradisi mereka. Wisatawan dapat merasakan langsung kehidupan masyarakat Karo dan belajar tentang adat istiadat mereka yang kaya.

Untuk mencapai Danau Lau Kawar, pengunjung bisa melakukan perjalanan dari Medan dengan kendaraan pribadi atau transportasi umum menuju Berastagi, dan melanjutkan perjalanan ke desa Kutagugung. Dari Berastagi, perjalanan ke danau memakan waktu sekitar 1-2 jam dengan mobil.

Adapun fasilitas yang tersedia, antara lain:

  1. Area Berkemah: Tersedia area luas untuk berkemah dengan pemandangan langsung ke danau.
  2. Tempat Parkir: Area parkir tersedia untuk pengunjung yang datang dengan kendaraan pribadi.
  3. Toilet Umum: Fasilitas toilet umum tersedia meskipun masih sederhana.
  4. Penyewaan Perahu: Tersedia perahu untuk disewa bagi pengunjung yang ingin berkeliling danau.
  5. Warung Makan: Beberapa warung sederhana menyediakan makanan dan minuman untuk pengunjung.
  6. Pos Pengawasan: Terdapat pos pengawasan dan informasi untuk membantu pengunjung mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

Biaya masuk ke Danau Lau Kawar cukup terjangkau. Berikut adalah rincian biaya yang biasanya dikenakan:

  • Tiket Masuk: Rp10.000 per orang
  • Parkir Kendaraan: Rp5.000 untuk sepeda motor, Rp10.000 untuk mobil
  • Penyewaan Perahu: Rp50.000 – Rp100.000 per jam (tergantung jenis perahu)

Danau Lau Kawar adalah permata tersembunyi di Sumatera Utara yang menawarkan keindahan alam yang luar biasa dan pengalaman petualangan yang seru. Dengan pemandangan yang menakjubkan, berbagai aktivitas menarik, dan keanekaragaman hayati yang kaya, tempat ini adalah destinasi yang sempurna bagi mereka yang ingin menikmati ketenangan alam dan mengeksplorasi keindahan Indonesia. Mari Sobat SU kunjungi Danau Lau Kawar dan temukan pesona alami yang menunggu untuk dijelajahi!

Redaktur: Yuni Hikmah


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

Kenang Jasa Pahlawan dengan Kunjungi Taman Makam Pahlawan Bukit Barisan

redaksi

The Gade Creative Lounge: Area Menarik di Pepustakaan

redaksi

Nikmati Kelezatan Kuliner Terjangkau di Ayam Penyet Mas Putra 21

redaksi