SUARA USU
Kuliner

Rekomendasi Olahan Berbahan Dasar Daging Sapi

Oleh: Zahra Zaina

Suara USU, Medan. Idul Adha merupakan momen yang penuh berkah di mana umat Muslim memperingati kisah Nabi Ibrahim yang penuh ketaatan dan pengorbanan. Pada hari yang lalu, umat Islam di seluruh dunia melaksanakan ibadah kurban sebagai simbol ketaatan dan rasa syukur kepada Allah SWT. Salah satu hewan yang sering dikurbankan adalah sapi. Setelah penyembelihan, daging sapi tersebut diolah menjadi berbagai masakan lezat yang dapat dinikmati bersama keluarga dan teman-teman. Mengolah daging kurban menjadi hidangan istimewa tidak hanya meningkatkan kebersamaan, tetapi juga merupakan bentuk syukur atas nikmat yang diberikan. Dengan berbagai variasi masakan, daging sapi kurban dapat diubah menjadi sajian yang menggugah selera dan memuaskan lidah. Berikut ini adalah beberapa rekomendasi olahan berbahan daging sapi yang bisa Anda coba untuk menyemarakkan perayaan Idul Adha.

  • Rendang

Rendang adalah salah satu olahan khas Minangkabau yang telah mendunia. Dengan bumbu rempah yang kaya dan proses memasak yang panjang, daging sapi menjadi sangat empuk dan penuh rasa. Bahan utama yang digunakan adalah daging sapi, santan, bawang putih, bawang merah, cabe merah keriting, serai, daun jeruk, dan daun kunyit. Garam dan gula digunakan untuk menambah cita rasa. Masakan ini memerlukan waktu memasak yang cukup lama, bahkan bisa mencapai beberapa jam. Proses memasak yang panjang ini membuat bumbu meresap sempurna ke dalam daging, menghasilkan rasa yang luar biasa. Selain itu, penggunaan banyak rempah-rempah tidak hanya menambah cita rasa tetapi juga memiliki manfaat kesehatan, seperti antioksidan dan anti-inflamasi.

  • Sate Sapi

Sate sapi merupakan salah satu olahan hidangan yang paling populer di Indonesia. Daging sapi dipotong kecil-kecil dan ditusuk dengan tusuk sate, kemudian dimarinasi dengan bumbu yang terdiri dari bawang putih, kecap manis, minyak goreng, garam, dan merica. Setelah dimarinasi, sate sapi dipanggang di atas arang hingga matang dan beraroma harum. Sate sapi biasanya disajikan dengan bumbu kacang yang gurih dan manis. Bumbu kacang dibuat dari kacang tanah yang digoreng dan dihaluskan, kemudian dicampur dengan bawang putih, bawang merah, cabe merah, daun jeruk, kecap manis, garam, dan gula merah. Bumbu kacang ini kaya akan protein dan lemak sehat dari kacang tanah.

  • Bakso Sapi

Bakso sapi adalah pilihan yang tepat untuk olahan hidangan yang praktis namun tetap lezat. Bakso sapi terbuat dari daging sapi giling yang dicampur dengan tepung tapioka, bawang putih, garam, merica, dan air es. Adonan bakso dibentuk menjadi bulatan-bulatan kecil kemudian direbus hingga matang. Bakso sapi biasanya disajikan dengan kuah yang gurih, terbuat dari air, bawang putih, daun bawang, garam, dan merica. Bakso sapi kaya akan protein dan sering dikombinasikan dengan mi, tahu, dan sayuran untuk meningkatkan nilai gizinya. Kuah bakso yang hangat sangat cocok dinikmati di berbagai kondisi cuaca.

  • Dendeng Balado

Dendeng balado masih  salah satu olahan khas Sumatera Barat dengan rasa pedas dan gurih. Daging sapi diiris tipis, kemudian direbus hingga empuk dan digoreng hingga kering. Bumbu balado yang digunakan terdiri dari cabe merah keriting, bawang merah, bawang putih, garam, dan gula. Dendeng balado terkenal dengan rasa pedasnya yang khas, hasil dari bumbu balado yang dihaluskan dan ditumis hingga harum. Proses penggorengan daging hingga kering memberikan tekstur yang renyah dan membuat masakan ini sangat lezat. Balado adalah ciri khas masakan Minang yang bisa ditemukan dalam berbagai hidangan.

  • Tongseng

Tongseng adalah masakan berkuah dengan cita rasa gurih dan sedikit manis, khas Jawa Tengah. Daging sapi dipotong kecil-kecil dan dimasak dengan bumbu halus yang terdiri dari bawang putih, bawang merah, cabe merah, jahe, dan kunyit. Santan ditambahkan untuk memberikan kekayaan rasa dan tekstur krimi pada kuah. Selain itu, tongseng juga menggunakan daun jeruk, serai, daun salam, dan tomat untuk menambah aroma dan rasa. Tongseng sering disajikan dengan nasi dan bisa ditambahkan sayuran seperti kol dan wortel untuk variasi. Hidangan ini sangat cocok untuk dinikmati bersama keluarga.

Dengan berbagai pilihan olahan berbahan daging sapi di atas, kamu dapat menikmati kelezatan dan kehangatan kebersamaan saat Idul Adha. Setiap hidangan memiliki cerita dan keunikan tersendiri yang menambah kekayaan budaya kuliner Indonesia. Selamat memasak dan selamat merayakan Idul Adha!

Redaktur: Hanna Letare


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

Kuliner Legendaris dari Medan, Wajib Cobain

redaksi

Roti Jala, Makanan Khas Masyarakat Melayu Adaptasi dari India

redaksi

Matcha: Si Bubuk Teh Hijau Kualitas Terbaik, Begini Pendapat Orang!

redaksi