SUARA USU
Bedah Jurusan

Mengenal Lebih Dekat dengan D3 Keuangan USU

Penulis: Annisa Larasati

Suara USU, Medan. Uang menjadi material yang penting dalam kehidupan sehari-hari. Bukan hanya mencari tetapi juga harus pandai mengelola uang tersebut. Di jurusan satu ini kamu akan mempelajari bagaimana mengelola uang sebaik baiknya. Jurusan apakah itu? Jurusannya yaitu D3 Keuangan USU Fakultas Ekonomi dan Bisnis. D3 keuangan ini berdiri sejak 1961. Pertama sekali didirikan di Banda Aceh. Pada tahun 1961 Universitas Sumatera Utara membuka Fakultas Ekonomi yang bertempat di Medan. Penetapan pembukaan dilakukan dengan surat keputusan Menteri Pendidikan Tinggi Republik Indonesia No. 64/1961 tanggal 24 November 1961.

Apa itu jurusan keuangan? Jurusan Keuangan mempelajari ilmu tentang keuangan, khususnya pengelolaan keuangan di sektor perbankan. Di Jurusan ini kamu juga akan mempelajari operasional perbankan baik bank konvensional maupun syariah, seperti tugas-tugas frontliner (teller dan customer services) dan tugas-tugas back office seperti administrasi, akuntansi, dan audit. Lulusan program studi D3 Keuangan dapat berkarir sebagai tenaga profesional di bidang keuangan, perbankan, perpajakan serta sebagai pialang saham pada perusahaan-perusahaan yang swasta, instansi pemerintah dan usaha milik sendiri yang ada di Indonesia.

Menarik bukan? Terus, kenapa, sih, kita harus memilih jurusan keuangan? Tenaga profesional di bidang keuangan akan terus dibutuhkan untuk menjawab kebutuhan para pelaku usaha. Dalam bidang keuangan, kamu akan diajarkan bagaimana caranya berinvestasi. Sementara pada bidang perbankan, kamu akan diajarkan memahami proses bisnis dari bank atau secara keseluruhan sehingga lulusannya memiliki kompetensi di bidang perbankan.

Prospek kerja untuk lulusannya sangat terbuka lebar karena industri perbankan terus berkembang seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi. Kamu dapat bekerja sebagai manajer keuangan, manajer investasi, analisis keuangan, analis kredit, konsultan, maupun profesi lainnya yang terkait dengan kegiatan investasi dan keuangan. Kamu juga memiliki banyak kesempatan untuk bekerja di lembaga keuangan lainnya seperti bursa efek, perusahaan asuransi, jasa investasi, perusahaan pialang, dan lainnya.

Bagaimana dengan prospek kerja dari keuangan sendiri?

  • ANALIS KREDIT
    Memiliki tanggung jawab sebagai seseorang yang berkompeten untuk melakukan penilaian kredit dengan penuh dedikasi, jujur, objektif, dan sesuai dengan SOP dari bank. Secara spesifik analis kredit akan melakukan suatu penilaian berdasar kemampuan khusus dalam penilaian karakter calon peminjam. Apakah memenuhi standar willingness to pay atau dapat diberikan kepercayaan dan jujur dalam membayar tepat waktu.
  • ACCOUNT OFFICER
    Bila kamu adalah orang yang supel dan persuasif, account officer akan cocok untuk dipilih, karena dalam pekerjaannya akan selalu berhubungan dengan klien. Dapat dijabarkan bahwa tugas dari posisi ini antara lain melakukan pengenalan produk suatu perusahaan finansial atau bank yang berupa jasa kredit, pinjaman, deposito, dan juga asuransi.
  • FUNDING OFFICER (FO)
    Posisi ini cukup memegang peran yang tak kalah penting. Dimana seorang FO bertugas sebagai pengumpul atau penghimpun dana dari para nasabah sebuah bank seperti dalam bentuk dana tabungan.
  • PERBANKAN SYARIAH
    Jangan mengira bahwa perbankan hanya melulu pada bank konvensional. Beberapa tahun ini bank syariah justru memiliki respons positif dari masyarakat dalam melakukan kegiatan kredit, menabung dan program lainnya. Faktanya manajemen finansial bank syariah jauh lebih aman dari bank konvensional.
  • START UP TEKNOLOGI KEUANGAN
    Sering disebut sebagai fintech atau financial technology yang saat ini sangat diminati para kaum milenial dalam urusan mengatur keuangannya yang erat kaitannya dengan teknologi.
  • KONSULTAN KEUANGAN
    Selain membuat sebuah startup atau menjadi pegawai, Kamu harus punya cukup nyali untuk membuat suatu konsultan keuangan. Konsultan keuangan adalah orang yang berkompeten untuk memberi nasihat finansial secara profesional.

Redaktur: Zukhrina Az Zukhruf


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

Dàjiā hǎo! Kenalan yuk dengan Program Studi Bahasa Mandarin di USU!

redaksi

Ilmu Administrasi Bisnis, Kenapa ada di FISIP

redaksi

Jurusan Ilmu Keperawatan, Jurusan Incaran di Bidang Kesehatan

redaksi