SUARA USU
Life Style

Mengenal Speech Delay, Gangguan Komunikasi Pada Anak

Oleh : Nadya Nurhaliza

Suara USU, Medan. Masih banyak di antara kita yang asing dengan istilah speech delay. Istilah ini masih menjadi pertanyaan besar bagi banyak orang. Lalu apa itu speech delay? Speech delay adalah suatu kondisi keterlambatan berbicara dan pemilihan bahasa yang tidak sesuai dengan usianya. Speech delay banyak dialami oleh balita dan anak usia dini, serta dapat mempengaruhi tumbuh kembangnya.

Keterlambatan ini dapat disebabkan karena adanya gangguan pertumbuhan fisik pada si anak seperti gangguan pada mulut yang sulit untuk mengikuti perkataan orang lain. Speech delay pada anak dapat membuat orang tua khawatir dengan tumbuh kembangnya. Ditakutkan, speech delay ini akan terus menerus seperti itu sampai ia menduduki bangku Playgroup/Taman Kanak-Kanak.

Adapun cara sederhana yang dapat dilakukan untuk membantu meminimalisir speech delay adalah dengan membacakan cerita dongeng kepada anak dan mengajak diskusi kecil mengenai hal yang ia suka agar dapat menambah kosa kata baru. Tentunya, hal ini dapat memberikan dampak yang efektif pada anak. Orang yang mengalami speech delay bukanlah orang menakutkan yang harus dijauhi. Speech delay masih dapat diubah dan dilawan dengan cara yang tepat.

Redaktur : Elnada Nadhira Saleh


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

Tips Menjadi Panitia yang Bertanggung Jawab Sampai Akhir Kegiatan

redaksi

Miliki Tubuh Ideal dengan Workout ala LE SSERAFIM

redaksi

Waspada Academic Burnout!

redaksi