SUARA USU
Sosok

Mengenal Sutradara dan Penulis Pengabdi Setan 2 Asal Sumatera Utara, Joko Anwar

Oleh: Emma Amelia

Suara USU, Medan. Penggemar film dalam negeri, pastinya tidak asing dengan sutradara sekaligus penulis film Pengabdi Setan 2, yaitu Joko Anwar. Joko Anwar merupakan penulis skenario, produser, dan sutradara asal Indonesia. Joni be Brave (2003), Janji Joni (2005), Kala (2007), Pintu Terlarang (2009), dan Pengabdi Setan 2 (2022) adalah beberapa karya dari Joko Anwar. Joko Anwar lahir di Medan, Sumatera Utara, 03 Januari 1976. Sejak kecil, Joko Anwar telah menyukai menonton film di bioskop dan berkeinginan untuk membuat sebuah film suatu saat. Semasa sekolah, Joko Anwar pun telah belajar menyunting sebuah film pendek dan pernah menyutradarai sebuah drama adaptasi.

Pria asal Medan ini bukan lulusan sekolah film, melainkan lulusan Institut Teknologi Bandung (ITB) dan belajar di jurusan Teknik Penerbangan. Banyaknya rintangan untuk mewujudkan cita-cita, tak membuat Joko Anwar merasa insecure dan stuck pada satu jalan. Setelah lulus, Joko Anwar memutuskan menjadi wartawan dan berhasil mendapatkan posisinya di The Jakarta Post. Joko Anwar menjadi wartawan yang fokus meliput dunia film dan berlanjut menjadi kritikus film. Dengan memanfaatkan kesempatan menjadi wartawan, Joko Anwar pun mendapatkan momen pertama untuk karirnya di industri kreatif dengan ikut menulis di proyek filmnya Nia Dinata. Film itu sekarang dikenal dengan judul ‘Arisan!’ (2003).

Selang 2 tahun, ‘Janji Joni’ pun rilis dan film ini merupakan film pertama buatan Joko Anwar sebagai sutradara dan penulis. Film yang ditulis berdasarkan pengalamannya selama kuliah ini memenangkan penghargaan ‘Best Movie’ di MTV Indonesia Movie Awards tahun 2005. Kemudian, film ini juga mendapatkan penghargaan khusus ‘Cara Bercerita yang Inovatif’ dari SET Foundation, bahkan ‘Janji Joni’ masuk dalam seleksi festival film internasional, seperti Sydney Film Festival dan Festival Film International Busan.

Joko Anwar telah membuat banyak karyanya di dunia perfilman mulai dari genre romansa, laga, fiksi ilmiah, hingga horror dan misteri. Karya-karyanya ini juga mendapatkan banyak penghargaan dan sering masuk dalam berbagai nominasi. Joko Anwar juga dinobatkan sebagai ‘Sutradara Terbaik’ pada tahun 2015.
Akhir-akhir ini, karya terbaru Joko Anwar menjadi perbincangan hangat, yaitu Pengabdi Setan 2. Perjalanan film Pengabdi Setan telah dimulai sejak 2017 lalu dan Pengabdi Setan 2 baru saja rilis pada awal Agustus 2022. Joko Anwar juga kembali ikut andil sebagai sutradara dan penulis pada Pengabdi Setan 2. Film ini sangat menyita atensi penonton dan mendapatkan banyak apresiasi, bahkan ada yang menonton lebih dari dua kali. Pengabdi Setan 2 berhasil menembus 4 juta lebih penonton pada hari ke-10 mengalahkan film pertamanya. Tak hanya trending di Indonesia, film Pengabdi Setan 2 juga menjadi film paling laris di Malaysia.

Joko Anwar merupakan sosok yang sangat menginspirasi. Karena kegigihannya, ia terus membuat strategi untuk mewujudkan cita-citanya. Tanpa rasa insecure, pria penuh kegigihan ini terus berjalan dan sampai pada titik di mana ia mampu membuat film dan membuat sekuel dari filmnya sendiri. Sukses selalu untuk Joko Anwar!

Redaktur: Yessica Irene


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

Sosok di Balik Rintik Sedu yang Menginspirasi

redaksi

Tips Produktif Ala Nur Rahmi Aqilia, Mahasiswi Universitas Sumatera Utara dengan Segudang Prestasi

redaksi

Bung Karno, Teladan Penting Bagi Generasi Bangsa Indonesia

redaksi