SUARA USU
Opini

Mengikuti Seminar bagi Mahasiswa, Apakah Benar Bermanfaat?

Oleh: Indri Febrina

Suara USU, Medan. Seminar adalah suatu pertemuan di mana semua pesertanya terlibat aktif untuk membahas suatu masalah dan ditanggapi melalui diskusi untuk mendapatkan keputusan dari masalah yang diperbincangkan. Seminar kampus menjadi salah satu seminar yang diikuti oleh mahasiswa untuk memenuhi kegiatan akademik yang diselenggarakan di lingkungan kampus, baik oleh dosen, mahasiswa, ataupun pihak luar kampus.

Seminar memiliki banyak manfaat terlebih untuk seseorang yang masih menduduki status sebagai seorang pelajar. Seminar mempunyai daya tarik untuk mengajak mahasiswa mendapatkan pengetahuan tentang topik yang dibahas, meningkatkan kemampuan berpikir kritis, kemampuan berbicara, kemampuan mengutarakan opini, mendapatkan sertifikat yang dapat menambah nilai pada CV, membangun jaringan relasi, mendapatkan motivasi untuk mencapai akademik yang baik, dan nasi kotak atau beberapa kue sebagai bonusnya.

Terkadang seminar bisa beralih fungsi menjadi kelas pengganti. Hal ini dikarenakan adanya kesepakatan antara dosen dan mahasiswa. Jika mahasiswa setuju untuk mengikuti seminar sebagai kelas pengganti, maka dosen akan memenuhinya. Tetapi ada juga dosen yang melaksanakan seminar untuk mengganti kelas tanpa perlu menanyakan pendapat mahasiswa. Hal ini bisa terlihat di beberapa fakultas di Universitas Sumatera Utara yang melakukan hal tersebut.

Tentunya narasumber yang mengisi kegiatan seminar, memberi manfaat untuk mahasiswa. Terlebih jika pembahasan yang dibahas konkret atau sesuai dengan mata kuliah yang diambil. Mahasiswa pun bisa sambil belajar bahasa asing yang digunakan oleh narasumber WNA (Warga Negara Asing). Seminar bisa menjadi jendela pengetahuan untuk menambah wawasan sambil melatih listening dan speaking.

Ada juga saat dosen meminta mahasiswa mengikuti seminar yang diadakan oleh kakak tingkat atau yang dikenal dengan sebutan kating untuk memenuhi nilai akademik. Mahasiswa yang mengikuti seminar tersebut tentunya diabsen dan juga membantu kating memenuhi tugas akademiknya.

Seminar yang diadakan juga tidak asal-asalan sebab mengundang narasumber yang sudah berpengalaman dan memiliki ilmu yang tinggi untuk dibagikan kepada seorang pelajar. Seminar yang diadakan di dalam Universitas, tentu memiliki nilai positif bagi seorang mahasiswa.

Istilahnya sekali merengkuh dayung, dua tiga pulau terlampaui. Jika mengikuti seminar bisa mendapatkan pemahaman yang sebelumnya tidak pernah didapatkan, menambah pengalaman menarik selama berkuliah, mendapatkan sertifikat jika ada, serta menambah relasi hingga ke jenjang internasional.

Hanya saja terkadang yang kita lihat sekarang mahasiswa mengikuti seminar hanya sebagai formalitas. Tidak seriusnya mahasiswa dalam mengikuti seminar ini menjadi faktor penyebab hilangnya manfaat dari seminar itu sendiri. Berangkat dari hal ini, mahasiswa sebagai pihak yang dapat memperoleh manfaat dari seminar haruslah lebih fokus dalam mengikuti seminar. Sehingga seminar bisa berjalan dengan semestinya menyampaikan ilmu bagi mahasiswa.

Redaktur: Anna FP


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

Masa Depan ATM di Era Penggunaan Uang Elektronik

redaksi

Keberadaan Pedagang Kaki Lima di Sekitar USU Mengganggu Arus Lalu Lintas dan Hak Pejalan Kaki, Adakah Solusi dari Pemerintah?

redaksi

Politik Kampus Representasi Politik Indonesia

redaksi