SUARA USU
Kuliner

Mengulik Sensasi Renyah dan Manis dari Roti Ketawa Khas Kota Pematangsiantar

Oleh: Putri Aisyah Silalahi

Suara USU, Medan. Kota Pematangsiantar yang terletak di provinsi Sumatera Utara tak hanya terkenal dengan wisata alamnya yang indah, tetapi juga kuliner khasnya yang menggoda selera. Salah satu cemilan yang wajib dicoba saat berkunjung ke Pematangsiantar adalah Roti Ketawa. Roti ini pertama kali dikenal pada tahun 1978, dikembangkan oleh seorang warga Kota  Pematangsiantar. Roti Ketawa khas kota Pematangsiantar telah mendapatkan popularitas dalam kuliner Indonesia. Meninggalkan Pematangsiantar tanpa membawa camilan yang manis sedikit renyah dan keras ini kurang afdol rasanya.

Disebut Roti ketawa karena bentuknya yang unik, bulat dan memiliki empat sisi yang terbelah yang menyerupai wajah tersenyum atau tertawa. Roti ketawa ini juga dikenal dengan nama Onde-onde ketawa karena bentuknya yang mirip dan ditaburi biji wijen di sekelilingnya. Bedanya, Roti ketawa atau Onde-onde ketawa dengan Onde-onde biasa adalah Roti ketawa memiliki isian kacang hijau. Roti Ketawa ini hanya terbuat dari bahan-bahan sederhana, seperti tepung terigu, telur, gula, dan wijen.

Roti Ketawa biasanya dinikmati dengan secangkir teh hangat atau kopi. Perpaduan tekstur renyah di luar dan lembut di dalam, serta rasa manis yang pas, menjadikan Roti Ketawa camilan favorit banyak orang, cocok dinikmati saat sore hari atau waktu santai. Roti ini tersedia dalam berbagai ukuran, mulai dari versi kecil seukuran kelereng hingga varian raksasa sebesar bola pingpong. Roti Ketawa tidak hanya enak dilihat, tetapi juga memiliki makna simbolis yang dalam. “Ketawa” (yang berarti tawa dalam bahasa Indonesia) melambangkan kegembiraan dan kepuasan yang dimiliki oleh penduduk Pematangsiantar.

Salah satu toko Roti Ketawa yang terkenal di Pematangsiantar adalah Roti Ketawa Sambo. Beralamat di Jalan Asahan, dekat tugu selamat datang kota Pematangsiantar. Toko ini merupakan usaha yang berawal dari gagasan yang muncul setelah belajar  dari  seorang  teman.  Ide  ini  muncul  saat  pulang  kampung  pada  tahun  2008. Kemudian menjadi terkenal dengan Roti Ketawanya yang selalu fresh dan lezat. Selain Roti Ketawa Sambo, masih banyak lagi toko roti di Pematangsiantar yang menjual Roti Ketawa dengan berbagai rasa dan varian.

Sudah menjadi keharusan bagi para pecinta kuliner untuk mencoba Roti Ketawa saat berkunjung ke Pematangsiantar. Roti Ketawa merupakan oleh-oleh yang tidak boleh dilewatkan karena rasanya yang khas. Selain lezat, Roti Ketawa memberikan cita rasa Kota Pematangsiantar dan kehangatannya. Jika Sobat Suara USU berkunjung ke Pematangsiantar, jangan lupa untuk mencicipi Roti Ketawa, dijamin akan bikin Sobat ketagihan.

Redaktur: Yuni Hikmah


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

Wajik, Warisan Budaya Kuliner Nusantara

redaksi

Jus atau Smoothies? Simak Bedanya Berikut Ini

redaksi

Winda Coffee Studio,Tempat Nongkrong untuk Semua Generasi

redaksi