SUARA USU
Kabar Kampus

Mengusung Konsep Go Green, PKKMB FISIP USU Sukses Digelar

Oleh : Rafalinsi Sitepu/Syahfira Insani Agustin
SUARA USU, Medan. Euforia Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) memang tiada hentinya. PKKMB menjadi salah satu momentum yang paling ditunggu-tunggu khususnya oleh mahasiswa baru, terlebih setelah dua tahun terakhir PKKMB USU diadakan secara online.

Tidak hanya di tingkat universitas, PKKMB USU juga diselenggarakan di setiap fakultas termasuk Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP).

Rangkaian kegiatan PKKMB FISIP diawali dengan penyambutan mahasiswa baru oleh pihak Dekanat. Dr. Hatta Ridho, S.Sos, M.SP selaku Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik dalam sambutannya menyampaikan beberapa hal kepada mahasiswa baru diantaranya, pengenalan para wakil dekan serta kepala program studi dan sekretaris prodi dari setiap jurusan. Beliau juga menyampaikan tentang kegiatan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang dapat diikuti oleh mahasiswa serta memperkenalkan Aplikasi Satu Atap (ASA) kepada para mahasiswa baru.

Zhafari Ghazi Rivaldy, selaku ketua panitia PKKMB FISIP menyatakan terdapat 725 mahasiswa FISIP yang mengikuti PKKMB. Ia juga menyatakan bahwa PKKMB FISIP tahun ini mengusung konsep Go-Green dimana para mahasiswa baru dan panitia tidak diperkenankan membawa kemasan sekali pakai yang bertujuan untuk mengurangi sampah di lingkungan kampus.

“PKKMB kali ini kami mengusung konsep go green ya, jadi dalam kegiatan individu dan kelompok itu tidak diperkenankan membawa kemasan sekali pakai seperti air mineral kemasan dan kertas nasi itu tidak boleh, jadi untuk makan siang mereka bawa dari rumah masing-masing dan wajib menggunakan wadah yang reuseable seperti lunch box dan tumblr untuk mengurangi sampah di FISIP ini juga,” ungkap Zhafari.

Zhafari juga menambahkan, pada kegiatan PKKMB FISIP kali ini, mahasiswa baru dibagi menjadi tiga kelas. Setiap kelas terdiri dari setiap jurusan di FISIP. Tujuannya agar para mahasiswa baru dapat berbaur dengan teman-teman diluar jurusan mereka sendiri.

Yosua Siagian, Muril Tarigan dan Valentino Simamora, mahasiswa baru FISIP menyampaikan kesannya untuk PKKMB FISIP. Kegiatan yang dilaksanakan secara luring memberikan semangat kepada mahasiswa baru menyambut perkuliahan, terlebih setelah adanya pandemi yang mengharuskan mereka melakukan kegiatan di dalam rumah.

“PKKMB kali ini pastinya seru, kegiatan-kegiatannya juga banyak dan kita juga bisa berabaur sama teman-teman maba yang lain, yang pastinya kita jadi lebih paham gimana kehidupan kampus yang nantinya bakal kita jalani,” ungkap Yosua.

PKKMB FISIP yang berlangsung selama tiga hari ditutup dengan games yang diikuti oleh mahasiswa baru, serta kegiatan kebersihan di lingkungan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Redaktur : Yessica Irene


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

Angkat Tema Kelahiran Yesus Sebagai Pedoman Hidup, Natal Ilmu Politik 2021 Sukses Digelar

redaksi

Pelantikan Pemerintahan Mahasiswa Fakultas Kedokteran Gigi, Dekan Berharap PEMA Mampu Serap Aspirasi

redaksi

Melatih Membaca dan Berhitung Bersama Anak Panti Asuhan Yayasan Anugrah Kasih Abadi

redaksi