SUARA USU
Kabar Kampus Kabar SUMUT

Meningkatkan Kreativitas dan Semangat Belajar di Panti Asuhan Rapha-El Bersama Mahasiswa Kesejahteraan Sosial FISIP USU!

Oleh: Redaksi

Suara USU, MEDAN.

Kegiatan Praktikum Merupakan salah satu kegiatan yang paling rutin dilaksanakan oleh para mahasiswa dan bahkan bisa juga dianggap sebagai hal pokok mahasiswa dalam menjalankan tri-darma perguruan tinggi , sebuah pengabdian yang dalam arti mahasiswa dituntut untuk dapat berkontribusi kepada masyarakat dalam membimbing, memperbaiki, dan membantu sebuah permasalahan yang ada dimasyarakat yang kemudian dikembangkan, pengabdian yang dilaksanakan pada dasarnya terdapat disebuah mata kuliah (kesejahteraan Sosial), Praktik Kerja Lapangan (PKL) Bertujuan meningkatkan keterampilan mahasiswa/mahasiswi dalam mengembangkan pola piker,menambah ide dan wawasan agar nantinya menghasilkan tenaga kerja terampil dan berkualitas. Kegiatan PKL dilakukan oleh  Geopani Pakpahan (190902076) yang saat ini melakukan PKL di Panti Asuhan Rapha-El, Simalingkar A, mahasiswa Mahasiswa semester 6, prodi Ilmu Kesejahteraan Sosial, FISIP USU. Dengan Supervisor Sekolah yaitu Bapak Dr. Bengkel Ginting, M.Si dan Dosen Pengampu Bapak Fajar Utama Ritonga, S.Sos, M.Kessos.

Pada PKL 1 Geopani Pakpahan berfokus Kepada Semangat belajar anak panti yang sangat menurun setelah sekian lama belajar online dan ketika sudah tatap muka, anak anak sudah malas belajar dan sudah lupa pelajaran karena situasi belajar online yang membuat anak anak tidak fokus dalam pembelajaran. Motivasi belajar siswa dalam melakukan pembelajaran sangatlah penting. Sebab dengan adanya motivasi dapat mendorong semangat siswa untuk belajar.  Jika tidak ada motivasi, maka siswa tidak akan semangat melakukan pembelajaran. Motivasi belajar bisa mempengaruhi hasil belajar siswa. Seorang siswa yang kurang motivasinya tidak akan mendapatkan hasil yang maksimal.

Untuk mengatasi rendahnya motivasi belajar siswa pada siswa kelas  SD, Geopani Pakpahan  terlebih dahulu mencaritahu  faktor apa saja yang menjadikan motivasi belajar siswa itu rendah. Setelah di telusuri ternyata selama pembelajaran online anak anak merasa bosan sehingga tidak focus dengan pembelajaran dan keinginan ingin bermain, Setelah diberlakukannya pelajaran tatap muka semangat belajar anak anak sangat menurun.

Maka untuk mengatasi masalah ini Geopani memberikan apresiasi, saran, motivasi bagi Anak panti agar tetap semangat belajar, juga dapat mengaitkan pembelajaran yang telah dipelajari hari ini dengan kehidupan nyata anak anak panti saat ini maupun pada masa yang akan dating.

Tidak hanya itu Geopani Pakpahan juga mengajak anak anak untuk aktif belajar di panti dengan metode belajar dahulu sebelum bermain, agar anak anak focus mengerjakan pembelajaran sebelum bermain. Kemudian dalam pertemuan berikutnya memberi kuis yang mudah untuk meningkatkan semangat belajarnya.

Metode ini sangat bagus dan membantu dalam meningkatkan semangat belajar anak anak, selain itu  Geopani juga terkadang mengajak anak anak belajar dengan bantuan gadget (android) karena anak anak sangat tertarik dengan gadget dan Geopani memanfaatkannya untuk memberi pelajaran kepada anak anak Panti.

Tak hanya itu, Geopani juga mengerjakan mini project dengan menyelesaikan salah satu permasalahan dari anak panti asuhan Menara Kasih Indonesia, yang juga menjadi kliennya di program kali ini. Fandy berusia 7 tahun yang memiliki masalah ketidak percayaan diri yang membuat Fandy hanya menyendiri dan tidak ikut bermain dengan teman dan juga tidak tertarik dengan belajar dan hanya sibuk dengan kesibukan sendiri.

Geopani pun berusaha menyelesaikan permasalahan yang dimiliki Fandy Dalam melakukan mini project. Dalam mini project tersebut pula dilakukan beberapa tahapan yang sesuai pada metode yang di berikan kepada klien yaitu metode casework.  Metode casework yang digunakan Geopani adalah metode case work oleh Zastrow, diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Intake dan Contract, Perjanjian mengenai kontrak yang akan dilakukan. Dalam tahap ini berisi tentang pengenalan melalui pendekatan kepada klien disertai dengan perjanjian berapa lama proses akan dilakukan.
  2. Assessment, pengenalan lebih dalam terhadap klien,melakukan wawancara dan berusaha menggali informasi dengan tujuan mengetahui penyebab atau masalah yang di hadapi klien serta mendengarkan keluh kesah masalah individu yang dihadapi klien. . Sementaa untuk tools, Geopani menggunakan history map.

  1. Planning atau perencanaan, tahapan ini melakukan rencana strategi yang akan digunakan untuk menyelesaikan masalah klien. Dalam tahap ini, Geopani bersama klien saling bekerja sama untuk mencari rencana apa yang tepat digunakan untuk membantu Fandy meningkatkan kepercayaan dirinya kembali dan membuat Fandy tertarik dengan pelajaran. Setelah berdiskusi, rencana yang dijalankan ialah dengan membuat beberapa  kegiatan yang harus dilakukan oleh klien .
  2. Intervensi, Tahapan keempat ini merupakan tahap penerapan strategi-strategi dan kumpulan metode yang telah direncanakan sebelumnya. Fandy memulai dengan belajar bersama teman-temannya dengan menggunakan youtube .

Dilanjutkan dengan bermain kuis teka teki yang dibantu dengan gadget untuk meningkatkan pola pikir . Pertemuan selanjutnya terkadang bermain bersama seperti bermain bola untuk meningkatkan rasa pertemanan dengan teman teman panti, Semua kegiatan ini dilakukan secara terencana setiap kunjungan praktikum.

  1. Evaluasi, pada Tahap ini berisi monitoring terhadap klien , Geopani memastikan apakah sasaran sudah tercapai sesuai dengan tujuan yang telah disepakati diawal. Geopani memonitoring apakah kegiatan sudah dilakukan dan berjalan dengan baik atau sebaliknya serta sekaligus melihat sudah sejauh mana perkembangan klien dalam mengatasi ketidakpercayaan dirinya. Dari beberapa pertemuan yang dilakukan Geopani, sudah terlihat sedikit demi sedikit perubahan yang terjadi dalam diri Fandy. Kini Fandy sudah mulai menyukai bola dan bermain bersama teman.
  2. Terminasi, tahap pemutusan atau pemberhentian proses bantuan pekerja sosial dengan klien agar tidak menimbulkan ketergantungan klien. Dalam tahap ini, Geopani menghentikan atau memutuskan proses bantuan kepada Fandy karena perubahan yang terjadi dalam diri Fandy sudah berkembang dengan baik dan mampu melakukan sendiri tanpa bantuan bimbingan dari Geopani

Setelah semua tahapan telah dilakukan, maka praktikum yang dijalankan selama kurang lebih 3 bulan sudah berakhir. Geopani dan teman-teman sangat berterimakasih kepada pihak Panti Asuhan Rapha-El  karena telah menerima  dengan sangat baik untuk melakukan praktikum di panti asuhan ini.  Restina sebagai pengurus panti juga mengungkapkan terima kasihnya kepada kami karena sudah melaksanakan banyak kegiatan untuk anak-anak panti sehingga membuat mereka terbantur dan senang atas kegiatan Praktikum.

 


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

Mitigasi Konflik Manusia dan Harimau, Tim PKM USU Latih Pengolahan Pakan Ternak

redaksi

Suara USU Raih Penghargaan Kasad Award 2023: Apresiasi untuk Media

redaksi

8 Mahasiswa PMM Adakan Event All U Can Paint

redaksi