SUARA USU
Buku

Mimpi Sejuta Dolar, Belajar dari Kisah Inspiratif Merry Riana

Oleh: Grace Silva Situngkir

Suara USU, MEDAN. ”Banyak gagal, banyak belajar. Coba dan coba terus, jangan patah semangat. Yang penting kita tidak melakukan kesalahan yang sama. Dari setiap kegagalan kita harus bisa mengambil pelajaran yang kemudian menjadi petunjuk bagi langkah-langkah selanjutnya.”—Merry Riana.

Merry Riana adalah seorang tokoh inspiratif yang banyak memberikan motivasi kepada banyak orang untuk meraih sukses. Salah satu bentuk kisah inspiratifnya ditulis dalam sebuah buku yang berjudul “Mimpi Sejuta Dolar” yang ditulis oleh Alberthiene Endah. Buku ini juga telah diangkat menjadi sebuah film yang yang dimainkan oleh Chelsea Islan dan Dion Wiyoko.

Buku yang diterbitkan oleh Gramedia Pustaka Utama ini berisikan kisah nyata Merry Riana sejak ia memulai perkuliahannya di NTU Singapura hingga ia menjadi sukses dan menghasilkan satu juga dolar di usia 26 tahun.

Kisahnya berawal dari “ke-ngerian” di era 1998 tepatnya di bulan Mei, orang tua Merry Riana memintanya untuk berkuliah di Singapura karena pada saat itu, kondisi di Indonesia sangat tidak memungkinkan untuk melanjutkan pendidikan.

Ia mengambil perkuliahan dengan sistem “kuliah dulu, bayarnya setelah lulus” karena kondisi ekonomi yang sangat rendah. Ia juga memberanikan diri untuk berangkat ke Singapura dengan kemampuan berbahasa Inggris yang sangat kurang.

Dalam buku ini diceritakan bahwa Merry Riana membawa banyak persediaan mi instan dari Indonesia untuk makanannya di kos demi menghemat biaya. Ia juga menggunakan air keran yang tersedia secara gratis agar tidak perlu membeli air minum. Tak lupa ia bersembunyi di kamar mandi hanya karena memakan roti dan minum air keran untuk mengganjal perutnya yang lapar.

Merry Riana beranggapan kalau ia lebih mementingkan membeli buku untuk ilmu dari pada makanan yang sehat untuk dikonsumsi hingga pada akhirnya ia bertemu dengan Alva yang pada akhirnya berstatus sebagai suami Merry Riana saat ini.

Ia juga mengaku bahwa ia sangat beruntung bertemu dengan Alva yang memiliki tujuan dan ambisi yang searah dengannya. Dalam bukunya, ia juga menceritakan bahwa ia pernah ditipu oleh sebuah perusahaan di mana uang tabungan dan hasil kerjanya menjadi sangat terkuras.

Merry Riana segera berusaha bangkit dari keterpurukannya dan segera membuka organisasi baru dengan Alva. Ketika membuka organisasi tersebut, tak sedikit halangan dan rintangan yang mereka alami, mulai dari anggota yang resign, keuangan, bahkan cara kerja mereka yang dinilai terlalu keras sehingga banyak karyawan yang mengundurkan diri.

Namun Merry Riana tidak berhenti sampai di situ. Ia berusaha sekuat mungkin hingga pada akhirnya ia menjadi sukses dan menjadi sebuah kebanggaan di negara Indonesia. Dalam buku ini dijelaskan bahwa Merry Riana berkali-kali mengalami penolakan dalam siklus pekerjaannya.

Dalam bukunya juga, Merry bercerita bahwa ia sudah mencoba berbagai macam pekerjaan semasa kuliahnya seperti sales, pembagi brosur, bahkan pramusaji hingga pada akhirnya ia berhasil menjadi seorang pebisnis hebat.

Buku ini sangat bermanfaat dan inspiratifnya dilakukan terutama untuk kaum muda termasuk mahasiswa untuk tidak berhenti berusaha dan selalu belajar dari kegagalan. Ia berpesan untuk tetaplah mengandalkan Yang Maha Kuasa dalam setiap pekerjaan yang dilakukan agar dapat berkembang dan membuahkan hasil yang baik.

“Kita adalah sosok yang sangat mudah memberi kelonggaran pada diri sendiri. Dalam letih, putus asa, dan mulai kehilangan percaya diri, disiplin mudah sekali menjadi kendur. Dalam keadaan beruntung, disiplin lebih mudah lagi kendur.” (Kutipan di halaman 314)

Ia sangat menekankan dalam buku ini, betapa pentingnya kedisiplinan dan kerja keras yang harus dikorbankan untuk membeli harga sebuah kesuksesan.

Buku ini dikemas dengan bahasa yang sederhana  sehingga dapat mempermudah semua kalangan untuk memahami isi ceritanya.

Alur yang disajikan juga tidak membosankan dan dituliskan layaknya sebuah novel fiksi yang sangat menarik. Pembaca juga diajak untuk ikut merasakan perjuangan dan pembelajaran yang dialami Merry Riana sebagai sebuah motivasi. Aura positif turut dibagikan dalam tulisan Alberthiene Endah yang sangat rapi dan membawa pembaca hanyut dan termotivasi dari kisah inspiratif Merry Riana.

Buku ini sangat cocok dibaca terutama untuk generasi muda yang masih memiliki gejolak semangat yang membara dan memiliki banyak peluang untuk meraih kesuksesan. Buku ini tersedia di berbagai toko buku di Indonesia dan juga perpustakaan elektronik Indonesia—Ipusnas, yang bisa dibaca secara gratis di manapun dan kapanpun!

Redaktur: Muhammad Fadhlan Amri


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

Rekomendasi Bacaan Yang Harus Kamu Baca di Wattpad!

redaksi

Jakarta Sebelum Pagi, Tiga Individu dengan Latar Belakang Berbeda Berusaha Memecahkan Sebuah Misteri

redaksi

Lika-Liku Lynora dalam Buku Beyond Expectations: Justice In Shadows

redaksi