SUARA USU
Kabar Kampus

Motivasi Kerja Para  Pegawai Bidang Rumah Swadaya Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Provinsi Sumatera Utara di Masa Pandemi

Suara USU, Medan. Pada tanggal 12 Juli – 5 Agustus 2021, sekelompok mahasiswa jurusan Ilmu Administrasi Bisnis FISIP USU Stambuk 2018 resmi melakukan program kegiatan magang di Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Provinsi Sumatera Utara. Program magang yang mereka laksanakan merupakan ketetapan dari program studi Ilmu Administrasi Bisnis yang memiliki tujuan untuk menambah ilmu dan wawasan serta mengasah skill yang di miliki langsung di lapangan guna menjadi bekal bagi mahasiswa yang melaksanakannya pada saat di dunia kerja yang nyata. Adapun para mahasiswa tersebut beranggotakan; Deby Pratiwi Hasibuan, Josua Butar-Butar, Zaini Perdana Maksum T, Denada Putri Br. Nainggolan, dan Rapima Sartika Tinambunan. Dalam melaksanakan kegiatan magangnya, mereka mendapat bimbingan dari Dosen Pembimbing  yakni Bapak Dharmawan Sriyanto SE,M.Si.

Selama kurang lebih 3 minggu Bapak Dharmawan memberikan bimbingan, instruksi, serta nasihat yang menjadi bekal saat magang di Kantor Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Provinsi Sumatera Utara dan Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Dinas PKP) merupakan Instansi Pemerintah yang membantu Gubernur dalam melaksanakan kewenangan desentralisasi, dan dekonsentrasi  di bidang perumahan dan kawasan permukiman, saat ini Dinas PKP di pimpin oleh Bapak Ir. Supryanto, MM selaku Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Provinsi Sumatera Utara. Selama program magang berlangsung, para mahasiswa USU di tempatkan pada Bidang Rumah Swadaya. Bidang Rumah Swadaya merupakan bidang yang memiliki peran membantu pemerintah dengan  memberikan stimulun bagi masyarakat berpenghasilan rendah untuk meningkatkan keswadayaan dalam pembangunan atau peningkatan kualitas rumah berserta prasarana.

Bapak Dr. Indra Sakti Harahap S.T, M.Si selaku Kepala Bidang Rumah Swadaya yang membawahi Seksi-seksi dan PPTK memiliki visi yaitu Terwujudnya Tempat Tinggal yang Sehat, Layak dan Terjangkau. Adapun misi dari bidang rumah swadaya ini adalah salah satunya mewujudkan perumahan dan kawasan permukiman di perkotaan dan perdesaan yang layak huni, produktif, terjangkau dan berkelanjutan melalui pengembangan sistem, prasarana dan sarana lingkungan perumahan dan permukiman dalam mendukung pengembangan wilayah. Selama kegiatan magang berlangsung.

Para mahasiswa di tempatkan pada bidang rumah swadaya dan mendapat tugas dari para ASN di bidang Rumah Swadaya berupa meng-input data ke microsoft excel yang di arahkan oleh Anton Sitorus,melakukan re-check serta scan data-data yang ada di bidang rumah swadaya yang di arahkan oleh Medy Juliana Sinaga,ST, selain itu para mahasiswa juga mendapatkan kesempatan untuk mempelajari langsung bagaimana cara yang baik dan benar dalam menyusun surat resmi yang di butuhkan  Dinas PKP dan di arahkan oleh Indah Harahap,SE. Hal tersebut merupakan salah satu praktek kerja langsung bagi para mahasiswa “Mendapatkan ilmu baru dan pengalaman bekerja di Bidang Rumah Swadya ini adalah ilmu yang sangat bermanfaat bagi kami, terlebih lagi mengenai tugas pokok dan fungsi dari setiap jabatan maupun bidang di Dinas PKP” ujar Josua.

“ Selama kami magang para ASN juga memberikan respon yang baik dari setiap pertanyaan yang kami sampaikan, itu sangat memudahkan kami dalam meraih informasi yang kami butuhkan termasuk bimbingan dan arahan yang di berikan oleh Ibu Pestaria Napitupulu,SH yang merupakan ASN yang sudah cukup berpengalaman di Bidang Rumah Swadaya” sambung Denada.

Selain melakukan magang di Kantor Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman pada Bidang Rumah Swadaya, para mahasiswa melakukan penelitian juga disana dengan mengangkat judul “Analisis Motivasi Kerja Pada Pegawai Bidang Rumah Swadaya Dinas Perumahan Dan Kawasan Permukiman Provinsi Sumatera Utara Ditengah Pandemi Covid-19”.

Judul penelitian ini di ambil berdasarkan hasil diskusi mahasiswa dengan dosen pembimbing magang mereka dimana tujuan penelitian itu untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana motivasi kerja dari para pegawai bidang rumah swadaya dinas perumahan dan kawasan permukiman Sumatera Utara ditengah pandemi covid-19. “ Ini merupakan kesempatan yang baik bagi kami untuk mengetahui bagaimana pola kerja pegawai di masa Pandemi Covid-19 di Dinas PKP ini” ucap Zaini.

Motivasi disebabkan oleh beberapa faktor baik internal maupun eksternal. Bapak Dr.Indra Sakti Harahap,ST, MSi selaku Kabid Bidang Rumah Swadaya nenjelaskan bahwa ada beberapa faktor yang dapat memicu meningkatnya motivasi para pekerja ialah dengan adanya gaji, tunjangan penghasilan, punishment, reward , serta jika pegawai tersebut menunjukkan kinerja yang baik maka akan memiliki kesempatan besar untuk mendapatkan promosi jabatan. Adanya tunjangan hari tua atau disebut juga dana pensiun dapat pula memotivasi para pekerja dan mereka tidak perlu khawatir akan hari tua.

Pandemi covid-19 tidak membuat semangat dari para pekerja menurun seperti informasi yang di peroleh bahwa target program kerja rumah swadaya dalam membantu rumah tidak layak huni dari masyarakat dari tahun sebelumnya sebanyak 300 unit sekarang bertambah menjadi 600 unit. Lingkungan kerja, komunikasi yang baik antar pegawai dan atasan begitupun sebaliknya dapat menciptakan motivasi yang baik.

“Mungkin motivasi verbal dari Dinas sendiri belum begitu terasa, tetapi motivasi internal yang diberikan oleh Dinas sudah cukup terasa oleh pegawai dan menaikan motivasi para pegawai dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab mereka sebagaimana mestinya walau di tengah pandemi Covid-19 ini” ungkap Juliadi ,ST selaku PPTK di Bidang Rumah Swadaya.

Redaktur: Yessica Irene


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

Koordinasi Persiapan PIMNAS USU, Mahasiswa: USU Bisa, USU Juara

redaksi

Kembali Sukses Adakan PORSENI, HIMA Bio Harapkan Hubungan Antar Stambuk Semakin Erat

redaksi

Bincang Banjir: Anak Muda Bicara Banjir Kota Medan

redaksi