SUARA USU
Kabar SUMUT

Open Recruitment Generasi Cakrawala FIM Medan dan Deli Serdang

Oleh : Misuki Awanda

SUARA USU, Medan. Open recruitment Generasi Cakrawala 5 Forum Indonesia Muda (FIM) regional Medan dan Deli Serdang  dibuka mulai tanggal 14 Februari hingga 25 Februari 2022. Pendaftaran melalui tautan s.d/daftargencar5. 

Adapun syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi yaitu : 

  1. Pemuda pemudi berusia 17 s.d 25 tahun
  2. Berkomitmen tinggi dalam mengikuti pelatihan dan dapat berkontribusi pasca pelatihan
  3. Mampu bekerjasama dalam tim
  4. Berdomisili di Medan dan Deli Serdang
  5. Memiliki ketertarikan di bidang sosial,literasi,dan pendidikan
  6. Wajib follow instagram @fimmedan @fimdeliserdang 
  7. Mengupload twibbon di instagram pribadi, tag 5 orang temanmu dan akun  @fimmedan @fimdeliserdang dengan twibbon dapat diunduh twb.nz/gencar5
  8. Dan melakukan pendaftaran di s.id/daftargencar5

Linimasa pendaftaran generasi cakrawala 5 dimulai dengan mendaftarkan diri melalui tautan s.id/daftargencar5, pengumuman seleksi administrasi, seleksi wawancara, pengumuman seleksi wawancara, konfirmasi peserta, dan terakhir adalah pelatihan Generasi Cakrawala 5.

Generasi cakrawala adalah para pemuda pemudi yang siap berkomitmen dan berkontribusi memberikan manfaat bersama Forum Indonesia Muda Regional Medan dan Deli Serdang. Saat ini Generasi Cakrawala sudah mencapai generasi keempat dengan total 272 orang. 

Syaiful Hadi selaku Koordinator FIM Regional Medan menjelaskan bahwa Generasi Cakrawala dibentuk pada tahun 2018 .

“Jadi Generasi Cakrawala itu bagian dari FIM Regional Sumatera Utara, awalnya Generasi Cakrawala itu dibentuk pada tahun 2018 dan eventnya kaya pelatihan kepemudaan gitu yang dilakukan selama 3 hari yaitu Jumat, Sabtu, Minggu dengan konsep yang berbeda dari pelatihan pelatihan yang pernah diikuti mahasiswa mahasiswi di Sumatera Utara,” jelasnya. 

Hadi juga menjelaskan, pasca kegiatan Generasi Cakrawala akan ada banyak kegiatan, seperti rumah belajar.

“Jadi sebenarnya setelah kegiatan Generasi Cakrawala banyak kegiatan-kegiatan yang dilakukan teman-teman, setelah kegiatan pelatihan itu selesai, salah satu kegiatan yang dilakukan kita itu ada kegiatan di pasca pelatihannya, seperti kita punya rumah belajar di beberapa tempat di Sumatera Utara dan kita nantinya akan main ke tempat itu sebagai bentuk kegiatan pasca pelatihan, selain itu juga kita punya lapak literasi yang setiap 2 minggu sekali diadakan di Lapangan Merdeka,” jelasnya.

Volunteer  Generasi Cakrawala dibagi 3 yaitu Cakrawala Pendidikan, Cakrawala Literasi dan Cakrawala Sosial. Setiap pembagian memiliki program masing-masing seperti Cakrawala Literasi yang mempunyai program besar bernama “Muda bicara”.  Cakrawala Sosial memiliki program bernama “Muda berbagi “. Terakhir, Cakrawala Pendidikan dengan program event main di rumah belajar bersama para adik-adik yang menempati rumah belajar tersebut. 

Hadi juga menjelaskan  Forum Indonesia Muda (FIM) adalah organisasi independen.

 “FIM adalah organisasi independen yang diinisiasi oleh pasangan suami istri yang berkecimpung di radio dan aktif di beberapa pergerakan sosial hingga akhirnya lahirlah Forum Indonesia Muda (FIM). FIM  ada di beberapa provinsi di Indonesia, dan sudah hampir sekitar 123 regional yang ada di Indonesia, dan kalau dimedan kita ada 2 regional yaitu FIM regional Medan, dan FIM regional Deli Serdang.” Ucapnya.

Hadi  berharap kepada calon peserta Generasi Cakrawala  dapat menjadikan pelatihan ini wadah untuk memperluas panggung kebaikan.

“Harapannya untuk calon Gencer (Generasi Cakrawala) yang nantinya lulus dan bisa ikut pelatihan ini, aku berharap teman-teman bisa memperluas panggung kebaikan, FIM Medan dan Generasi Cakrawala adalah rumah untuk bertumbuh, dan berproses, aku, kamu dan kita semua mari sama sama perluas kebaikan itu,” pungkas Hadi.

Buat kamu yang berdomisili di Medan dan Deli serdang, berminat menjadi bagian dari Gencer? segera daftarkan dirimu menjadi agen kebaikan bersama FIM melalui pelatihan Gencer. Karena aku, kamu dan kita dapat menjadi panggung kebaikan bersama. 

Redaktur : Theresa Hana


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

Strategi PT Pos Indonesia dalam Memenangkan Persaingan dengan Meningkatkan Pelayanan dan Penerapan Teknologi pada Kantor Cabang Utama Medan 20000

redaksi

Tingkatkan Percaya Diri Anak Melalui Pengembangan Bakat Bersama Mahasiswa Kesejahteraan Sosial

redaksi

Ini Total Dana dan Harapan dari Gerakan Mahasiswa USU Peduli!

redaksi