SUARA USU
Kabar Kampus

Peduli Keadaan Lingkungan Sekitar, Komunitas Sadarsekitar.id Mantapkan Kegiatan Aksi Sosial!

Oleh: Yessica Irene

Suara USU, Medan. Bagi sebagian orang tidak menyadari bahwa di lingkungan sekitarnya masih banyak masalah sosial yang terjadi, bahwa sebebenarnya dalam hidup bermasyarakat kita saling membutuhkan. Oleh karena kepekaan terhadap isu kehidupan maupun lingkungan sosial yang masih belum baik ini, terbentuklah komunitas sadarsekitar.id.

Komunitas sadarsekitar.id adalah sebuah gerakan yang diinisiasi untuk berbagi informasi, edukasi, serta mengembangkan dan memfasilitasi warga sekitar untuk berkontribusi dalam membangun Indonesia menjadi lebih baik.

Komunitas yang terbentuk pada Maret 2022 ini beranggotakan mahasiswa yang berasal dari Medan dengan tidak terbatas pada angkatan di bangku perkuliahan. Komunitas ini terbuka untuk relawan yang bersedia menyumbangkan ide, tenaga, maupun dana untuk kegiatan sosial.

Ruth Dewi F. Sinambela, selaku founder sadarsekitar.id mengungkapkan motivasinya membentuk komunitas ini dikarenakan masih kurangnya kesadaran masyarakat terhadap keadaan dan lingkungan sosial sekitar.

“Motivasi saya dan teman-teman membentuk komunitas ini adalah bahwasanya kepekaan terhadap isu kehidupan maupun lingkungan sosial masyarakat masih belum baik dan masih kurang. Padahal banyak di antara kita sebenarnya yang saling membutuhkan. Dengan dunia digital yang semakin canggih, membuat saya dan teman-teman berpikir untuk mengajak orang-orang ikut berkontribusi baik secara materil maupun immaterial,” ungkap Ruth.

Sejak awal terbentuk, komunitas ini telah melaksanakan beberapa program kerja, seperti penggalan dana bagi masyararakat yang membutuhkan, yaitu penggalangan dana untuk Clara Sinaga yang sedang sakit kanker mata, serta program kerja Berbagi Berkah Ramadhan.

Ruth menambahkan, ada beberapa program kerja lain yang telah disusun dan akan dieksekusi secara bersama-sama, di antaranya program kerja donasi buku ke sekolah-sekolah yang membutuhkan dan program kerja semester untuk melakukan kunjungan, yaitu kunjungan ke panti asuhan, sanggar anak yang ada di Medan, dan kampanye lingkungan hidup.

Untuk program kerja yang akan dilaksanakan, Ruth menjelaskan bahwa akan banyak dilaksanakan di daerah Medan karena merupakan daerah sekitar yang memang masih mengalami beberapa masalah isu sosial serta lingkungan hidup yang harus diperhatikan lebih lagi. Namun, tidak menutup kemungkinan akan diperluas hingga di luar Medan.

“Target dalam komunitas ini sejauh ini adalah orang maupun kelompok masyarakat yang membutuhkan kami baik dalam masalah kehidupan sosial maupun isu lingkungan. Saat ini kami memang masib bergerak di daerah Medan dan sekitarnya, namun tidak menutup kemungkinan bagi kami untuk bergerak membantu daerah lain,” jelas Ruth.

Ruth berharap, hadirnya komunitas ini dapat menumbuhkan kesadaran masyarakat atas isu lingkungan sosial di sekitar hingga dapat ikut serta mengulurkan tangan bagi yang membutuhkan.

“Harapan saya, komunitas ini ke depannya bisa meningkatkan kepekaan sosial masyarakat terhadap lingkungan dan kehidupan sekitar, serta tetap mampu menjadi fasilitator penyalur bantuan bagi orang-orang maupun kelompok masyarakat yang membutuhkan, hingga meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap kepedulian terhadap lingkungan sekitar kita,” tutup Ruth.

Bagi teman-teman yang tertarik untuk berdonasi atau mengikuti kegiatan relawan di komunitas sadarsekitar.id, silahkan mengunjungi media sosial @sadarsekitar.id, ya!

Redaktur: Azka Zere Erlthor


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

Memajukan Kualitas Ternak Nasional, Program Studi Peternakan USU Adakan Expo dan Kontes Ternak

redaksi

Mapping Your Career, Creating Your Future bersama AIESEC in USU

redaksi

Kembangkan Jiwa Bisnis, IMPRODIAS USU Adakan Business Plan Competition

redaksi