SUARA USU
Kabar Kampus

Peduli Semeru Jadi Tajuk Kolaborasi UKM USU!

Penulis: Nauza Indri Adisti

Suara USU, MEDAN. Universitas Sumatera Utara saat ini telah memiliki sebanyak lebih dari 40 Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang terdaftar secara resmi. UKM tersebut memiliki visi misi yang berbeda begitu juga dengan jenisnya. Tetapi, baru-baru ini UKM-UKM tersebut mulai bersama-sama berkolaborasi, menjadi satu karena memiliki tujuan yang sama, bersilaturahmi, dan berjejaring kembali menjadi satu kesatuan dalam wujud aksi peduli kemanusiaan.

Agenda kolaborasi yang melibatkan hampir seluruh UKM di USU ini juga diciptakan dengan tujuan ingin menjalin silaturahmi atau hubungan baik kepada setiap UKM sehingga terciptanya kerja sama dan komunikasi yang baik antar UKM.

Selain itu, kolaborasi ini diadakan untuk para pelakon UKM yang ada di USU agar dapat membuktikan kepada masyarakat luas  dan mahasiswa USU bahwa UKM-UKM yang eksis di USU ini tidak hanya berfokus pada masalah internal masing-masing. Melainkan juga dapat berkolaborasi dengan baik serta juga peduli dengan keadaan di sekitar.

Kolaborasi kali ini juga memiliki makna yaitu memberikan representasi UKM-UKM yang ada di USU agar dapat dikenal oleh masyarakat luas, mahasiswa yang ada di Sumatera Utara, dan terkhususnya oleh mahasiswa yang ada di Universitas Sumatera Utara itu sendiri.

Peristiwa erupsi Gunung Semeru menjadi stimultan dan momentum untuk merealisasikan kegiatan kemanusiaan ini. Kegiatan yang dilakukan berupa aksi galang dana yang berlangsung selama 4 hari berturut-turut pada tanggal 16-19 Desember.

Aksi ini dimulai dengan cara membuka donasi secara online dan juga kemudian melakukan aksi galang dana secara langsung dengan kegiatan turun langsung ke jalan. Hal yang membuat aksi galang dana ini berbeda adalah, dalam kegiatan tersebut mereka tidak serta merta hanya memungut dana tetapi juga mereka memberikan umpan balik berupa cendera mata kepada pengguna jalan yang telah ikut memberikan donasi.

Hal seperti yang dismapaikan oleh Raden selaku salah satu perwakilan kolaborasi kali ini yang juga berasal dari UKM Gamadiksi USU.

“Dalam aksi tersebut, kami tidak hanya sebatas meminta-minta donasi tetapi juga kami memberikan cendera mata kepada pengguna jalan yang telah memberikan donasi kepada kami. Itulah yang membedakan kami dengan aksi-aksi yang lain, dalam artian kami tidak sebatas meminta tetapi juga sekaligus memberi,” ucap Raden

Adapun untuk teknis penyaluran dana yang telah terkumpul ini, Rezky Mahendra  selaku perwakilan dari kolaborasi kali ini  mengungkapkan akan menyalurkannya secara langsung melalui pihak UKM yang ada di kampus Kabupaten Lumajang.  Baik dari pihak UKM yang ada di USU dan yang ada di kampus Kabupaten Lumajang, keduanya telah melakukan komunikasi berkaitan dengan hal tersebut.

Nantinya UKM di USU dapat secara langsung menyalurkan bantuan yang dibutuhkan oleh korban erupsi Semeru baik itu berupa uang, pangan, dan sandang melalui mereka. Donasi yang sudah terkumpul akan dikalkukasi lalu kemudian akan diberikan kepada pihak UKM di kampus Kabupaten Lumajang pada (20/12).

“Selama kurang lebih 4 hari kita melakukan teknis penyaluran secara langsung dengan UKM yang ada di kampus Lumajang. Kita sudah berkomunikasi dengan kawan-kawan disana. Kebetulan kampus tersebut terdapat salah satu posko untuk masyarakat. Sehingga kita dapat secara langsung memberikan bantuan baik berupa uang maupun sembako yang benar-benar dibutuhkan masyarakat disana,” ungkap Mahen.

Lebih lanjut, Mahen menuturkan harapannya pada kru Suara USU, yaitu dengan diadakannya kegiatan ini seluruh UKM terkhusus UKM yang ada di Universitas Sumatera Utara dapat menjalin komunikasi agar kedepannya dapat berkombinasi dan melakukan aksi kolaborasi dengan beragam rangkaian kegiatan lainnya. Selain itu, Rezky Mahendra juga berharap di tahun kepengurusan UKM selanjutnya agar di tahun 2022 nantinya akan ada juga projek kolaborasi yang melibatkan seluruh UKM yang ada di Universitas Sumatera Utara.

Harapan dari kegiatan kolaborasinya buat kawan-kawan seluruh UKM di tingkat universitas untuk kedepan bisa terus berkomunikasi dan berkolaborasi di berbagai rangkaian kegiatan. Kita bisa berkolaborasi di berbagai kegiatan bermanfaat lainnya,” harap mahasiswa yang akrab dipanggil Mahen ini.

Redaktur: Muhammad Fadhlan Amri


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

Berbagi Kepada Sesama, Program Studi Bahasa Mandarin Adakan Kunjungan Kasih ke Panti Asuhan!

redaksi

Menanti Ujung Pemira FIB USU, KPU Menyatakan Pemira FIB USU Tahun 2022 Dilakukan Secara Aklamasi

redaksi

GenBI Sumut Beraksi Vol II, Ajak Milenial Pahami Pentingnya Memulai Investasi

redaksi